detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Normalkah Masturbasi 3 Hingga 4 Kali dalam Seminggu?

Selasa, 23/05/2017 18:18 WIB
Normalkah Masturbasi 3 Hingga 4 Kali dalam Seminggu?Foto: Thikstock
Apakah masturbasi seminggu tiga sampai empat kali adalah masturbasi yang tidak sehat? Dan bagaimana seharusnya masturbasi dilakukan sesuai kebutuhan? Karena naluri nafsu saya tidak dapat diprediksi sehingga masturbasi saya cenderung tak menentu sering dan tidak seringnya.

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan masturbasi yang berlebihan di waktu muda saat ini? Dan dampak apa yang dirasakan ketika sudah menikah nanti jika kebiasaan masturbasi ini tidak berhenti? Terimakasih banyak Dok.

K (Laki-laki, 19 tahun)

Jawaban

Masturbasi (onani) relatif tidak mengganggu kesehatan bila dilakukan: secara hygienis, yaitu bersihkan dulu alat vital, lengan atau alat yang digunakan; lakukan pada saat santai dan tidak boleh mengganggu kegiatan rutin yang produktif sehari-hari; frekuensinya bergantung pada kebugaran tubuh Anda.

Dampak masturbasi pada saat menikah, dari beberapa penelitian medis, memicu terjadinya ejakulasi dini (ED). Mengapa demikian? Saat menikah, kegiatan seksual ada partner (objek hidup) hingga harus bisa 'kerjasama', saling mengimbangi. Jelasnya, tidak bisa 'semau gue' (sesuka hati) mencapai ejakulasi dan orgasme, seperti saat Anda masturbasi, yang bisa Anda akhiri proses rangsangan seksual pada Mr P sekehendak hati Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit