detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mr P Tak Bertahan Lama Saat Ereksi, Mengapa?

Rabu, 24/05/2017 18:18 WIB
Mr P Tak Bertahan Lama Saat Ereksi, Mengapa?Ilustrasi ereksi (Foto: thinkstock)
Salam hormat, Dok. Saya mau tanya, mengapa ketika ereksi penis saya tegangnya tidak bertahan lama? Apakah saya mengalami disfungsi ereksi (DE)? Padahal sebelumnya baik-baik saja dan berlangsung tiba-tiba. Bagaimana cara mengatasinya Dok? Mohon jawaban dari dokter.

Z (Laki-laki, 40 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda pada 10 Maret lalu genap berusia 40 tahun, maka gangguan ereksi penis, disfungsi ereksi (DE) kerap terjadi. Apa penyebabnya?

Pada periode usia 40-an muncul penyakit-penyakit kronis, misalnya: kencing manis, darah tinggi, gangguan lemak darah (peningkatan kolesterol) yang memicu terjadinya gangguan aliran darah dan persarafan batang penis. Disarankan Anda melakukan general-check-up kesehatan untuk mendeteksi penyakit-penyakit kronis tersebut.

Sementara, Anda harus membina kebugaran fisik dan psikis Anda secara reguler, misalnya dengan exercise fisik yang low-impact: bersepeda, jogging, jalan cepat, renang dsb. Karena kebugaran seksual amat ditentukan oleh kebugaran fisik dan psikis Anda.

Obat untuk mengatasi DE adalah obat erektogenik, misalnya Sildenafil, Vardenafil HCL, Tandalafil. Yang boleh Anda gunakan dengan petunjuk dan izin dari dokter keluarga Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit