detikhealth
Konsultasi Anak
dr. Meta Hanindita, SpA

Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

Pengobatan Flek Paru pada Anak

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 25/05/2017 16:04 WIB
Pengobatan Flek Paru pada AnakFoto: thinkstock
Jakarta, Saya mempunyai anak umur tiga belas bulan yang didiagnosa oleh dokter memiliki flek dan disarankan pengobatan secara rutin enam bulan. Info yang saya dapat, flek disebabkan oleh penularan.

Bagaimana jika dalam masa pengobatan anak saya ternyata sumber penularan (orang yang menularkan flek) masih dekat dengan anak saya? Dapatkah anak saya tertular kembali walaupun sudah didiagnosa sembuh? Karena sampai dengan detik ini saya masih terus berusaha mencari sumber penularannya. Mohon informasinya. Demikian, terimakasih.

Uun (Perempuan, 26 tahun)

Jawaban

Selamat pagi Ibu Uun. Saya sebetulnya kurang mengerti apa yang ibu maksud dengan 'flek'. Karena dalam istilah medis, tidak ada penyakit 'flek'. Namun melihat cerita Ibu bahwa anak Ibu disarankan pengobatan rutin 6 bulan, maka saya simpulkan sepertinya yang Ibu maksud adalah penyakit TBC paru ya Bu? Memang salah satu ciri penyakit ini, ada gambaran seperti flek pada rontgen parunya.

Betul Ibu, anak kecil memang sangat rentan tertular penyakit TBC ini. Jika kontak alias sumber penularan masih berdekatan, tentu saja dapat tertular kembali walaupun sudah sembuh. Saran saya sih sebaiknya periksakan terlebih dahulu keluarga dekat atau orang terdekat keluarga Ibu. Contoh: nenek, kakek, asisten rumah tangga, pengasuh, sopir, dll. Jika memang negatif, mungkin bisa dipertimbangkan tetangga atau yang lainnya.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit