detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mr P Sering Terasa Seperti Disetrum, Gejala Sakit Apa?

Jumat, 26/05/2017 18:18 WIB
Mr P Sering Terasa Seperti Disetrum, Gejala Sakit Apa? Foto: thinkstock
Saya umur sudah 40 tahun. Bebarapa hari belakangan ini saya merasakan ada getaran pada alat kelamin saya seperti terkena setrum. Itu terjadi kalau saya sedang dalam keadaan diam, getaran itu datangnya bisa lima menit sekali atau sepuluh menit sekali terus tiap waktu.

Yang saya tanyakan apa ini suatu gejala penyakit atau apa? Mohon pencerahan dari Bapak Dokter. Terimakasih. Wassalamualaikum.

I (Laki-laki, 40 tahun)

Jawaban

Memasuki usia 'kepala 4' seperti Anda, patut diwaspadai munculnya penyakit- penyakit kronis, misalnya kencing manis, gangguan kadar lemak darah (kolesterol meningkat).

Gejala getaran pada alat kelamin, kemungkinan gangguan persarafan penis yang dikenal sebagai Neuropatia. Dianjurkan Anda melakukan general check up kesehatan dengan petunjuk Dokter Keluarga Anda, untuk mendeteksi penyakit-penyakit kronis tersebut di atas, yang bisa memicu terjadinya neuropathia.

Sementara, lakukanlah exercise fisik yang low-impact secara reguler: renang, jalan cepat, bersepeda, 4-5 kali per minggu dengan durasi maksimal 45 menit. Didukung pula oleh asupan gizi seimbang dan minum pula vitamin neurotropik (campuran vitamin B1, B6 dan B12).

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit