detikhealth

Konsultasi Anak
dr. Meta Hanindita, SpA

Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur

Berat Badan Bayi Kurang, Apa Sebabnya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 27/05/2017 18:03 WIB
Berat Badan Bayi Kurang, Apa Sebabnya?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Salam Dokter, saya ingin menanyakan mengenai berat badan (BB) bayi kami ketika lahir BB 2,7 kg. Namun pada saat ini yaitu umur lima bulan BB nya masih di angka 5,3 kg. Sebulan sebelumnya ketika kami ke posyandu beratnya juga 5,3 kg.

Kami jadi khawatir terjadi sesuatu dengan perkembangan bayi kami karena seharusnya BB di buku KMS (kartu menuju sehat) di posyandu harusnya sudah di atas tujuh kg. Kami sudah coba ke beberapa tim medis, tapi belum dapat jawaban yang memuaskan kenapa BB bayi kami tidak naik dua bulan terakhir ini.

Apakah ada masalah dalam proses menyusunya ya Dok? Karena kemarin sempat ke dokter jika diperiksa bayi juga tidak ada tongue tie maupun lip tie. Setiap kali di susui, bayi tidak lama menyusu ke ibunya, paling hanya sekitar dua menit kemudian lepas lagi dari menyusui. Bayi banyak bermain dan berguling tengkurap sendiri.

Posisi favorit menyusui yang sering dilakukan adalah menyusui bayi sambil tidur di tempat tidur, bayi menyusu dalam posisi miring dengan tubuh bayi menghadap tubuh ibu. Satu-satunya waktu bayi menyusu lama adalah ketika bayi sudah lelah dan mengantuk. Itupun mungkin hanya menyusu dua hingga tiga menit dan kemudian bayi terlelap tidur.

Baru-baru ini kami juga coba pasang AC (air conditioner) di kamar, siapa tahu supaya ibu dan bayi tidak kegerahan ketika menyusu. Mohon advicenya Dok, karena kami jadi tidak tenang mengingat sebentar lagi bayi kami sudah hendak enam bulan. Terimakasih.

Wahyudi (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Halo Pak, wah senang sekali membaca pertanyaan seorang Bapak yang sangat concern terhadap berat badan anaknya. Sayangnya saya tidak mempunyai data panjang lahir anak Bapak dan panjang badannya sekarang sehingga tidak dapat saya aplot di kurva pertumbuhan.

Namun secara sekilas membaca cerita Bapak saja, saya setuju bahwa ada yang tidak pas dengan pertumbuhan anak Bapak. Berat badan yang tidak naik-naik dapat disebabkan karena banyak hal. Kalau melihat cerita Bapak, memang durasi menyusuinya tidak seperti yang seharusnya.

Apakah kalau menyusu terlalu lama anak Bapak ngos-ngosan? Atau mungkin aliran ASI yang terlalu deras sehingga membuat anak Bapak tersedak sehingga ia malas menyusu? Segera ke dokter untuk menemukan apa kiranya yang menjadi penyebab ya Pak. Ini sangat penting sebelum anak Bapak jadi gagal tumbuh. Semoga segera teratasi Pak.

dr. Meta Hanindita, SpA
Berpraktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jl Mayjend Prof Dr Moestopo No 6 - 8, Kota Surabaya, Jawa Timur(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit