detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Tidak Pernah Keluar Sperma Saat Mimpi Basah Sejak Operasi Tumor

Senin, 29/05/2017 18:15 WIB
Tidak Pernah Keluar Sperma Saat Mimpi Basah Sejak Operasi TumorFoto: ilustrasi/thinkstock
Dok, saya mau bertanya. Sebelumnya saya sudah pernah melakukan operasi tumor adenoma hipofisis. Setelah operasi itu dan sampai sekarang saya tidak pernah keluar sperma saat mimpi basah ataupun onani. Saya kepikiran banget, soalnya di usia saya yang sangat muda saya tidak bisa keluar sperma, padahal sebelum operasi itu saya normal seperti pria lain.

Pertanyaannya, bagaimana saya bisa kembali normal seperti dulu lagi dan terapi apa yang harus saya lakukan untuk itu? Saya berharap Dokter memberikan solusi terbaik buat pertanyaan saya ini. Terimakasih.

T (Laki-laki, 25 tahun)

Jawaban

Operasi pengangkatan tumor adenoma hipofisis, agaknya berpengaruh terhadap absennya cairan sperma saat mimpi basah dan onani. Masalahnya, sexual centre di otak berlokasi sekitar kelenjar hipotalamus yang mengeluarkan gonadotropin-releasing hormone yang merangsang kelenjar hipofise untuk mengeluarkan hormon gonadotropin yang berperan pada produksi cairan sperma di buah zakar dan organ-organ reproduksi sekitar Mr P.

Bagaimanapun, pengangkatan adenoma pada kelenjar hipofise sudah tepat, karena bisa berisiko bila menjadi kanker ganas (adenocarcinoma). Disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi, untuk memperoleh terapi sulih hormon (hormon replacement therapy) dengan suntikan hormon reproduktif, antara lain injeksi testosteron.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit