detikhealth

Gara-gara Konsumsi Teh Herba, Pria Ini Kena Gangguan Kejiwaan

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 06/06/2017 13:35 WIB
Gara-gara Konsumsi Teh Herba, Pria Ini Kena Gangguan KejiwaanEfek samping teh herba kadang bisa picu gangguan kejiwaan. (Foto: iStock)
Jakarta, Teh herba ada banyak macamnya dan masing-masing diklaim bisa memiliki manfaat yang berbeda, namun demikian jangan anggap semua teh aman untuk dikonsumsi bebas. Alasannya karena bisa jadi ada efek samping yang tidak diketahui seperti misalnya saja memicu gangguan kejiwaan.

Hal tersebut dilaporkan dialami oleh seorang pria berusia 25 tahun di Italia. Dipublikasi dalam jurnal Medical Case Reports, dokter di rumah sakit AUSL Modena mengatakan sang pria diketahui mengonsumsi teh herba yang mengandung tanaman St. John's wort (Hypericum perforatum).

Baca juga: Kenali Bedanya Orang dengan Masalah Kejiwaan dan Orang dengan Gangguan Jiwa

"St. John's wort sudah dikenal sejak beberapa abad lalu memiliki manfaat terapi. Keefektifannya sebagai antidepresan sudah dibuktikan oleh beragam studi yang terus bermunculan," tulis para dokter di AUSL Modena seperti dikutip dari Live Science, Selasa (6/6/2017).

Namun pada kasus sang pria, konsumsi teh herba ini dilakukan tanpa pengawasan ahli dan dosis terkontrol. Akibatnya ia pun mengalami gejala seperti terpengaruh obat-obatan yaitu delusi, paranoid, dan kesulitan berbicara.

Pada satu titik sang pria bahkan mengaku kepada dokter ia curiga bahwa orang-orang bisa membaca pikirannya.

Tes darah menunjukkan hasil normal dan tidak ada kelainan neurologis. Akhirnya dokter pun mendiagnosa sang pria dengan kondisi schizophreniform disorder (gangguan kejiwaan yang disertai dengan psikosis) dan memberikan obat antipsikotik.

Dua minggu setelah menjalani terapi kondisi sang pria membaik sehingga diperbolehkan pulang. Namun beberapa bulan kemudian ia kembali mengeluh masih mengalami episode psikotik dan juga merasa lemas.

Setelah diteliti ternyata sang pria memiliki infeksi bakteri Helicobacter pylori menimbulkan masalah tukak lambung. Untuk mengobatinya ia pun lagi-lagi memakai teh herba yang mengandung tumbuhan St. John's wort.

Baca juga: Keracunan Setelah Konsumsi Daun Teh Herba, Wanita Ini Meninggal Dunia(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit