detikhealth
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Puting Susu Terbenam, Apakah Bisa Menyusui?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 06/06/2017 13:46 WIB
Puting Susu Terbenam, Apakah Bisa Menyusui?Foto: thinkstock
Jakarta, Assalamu'alaikum Dok. Januari tahun lalu saya operasi pengangkatan tumor di payudara kiri. Sayatan terletak pada hitam-hitam di bawah puting. Puting saya masuk ke dalam akibat tumor yang dulu terletak di sekitar puting, setelah operasi ternyata puting masih masuk ke dalam sampai sekarang.

Saat ini saya hamil dengan usia kandungan dua bulan. Pertanyaan saya, apakah kondisi puting saya seperti ini masih memungkinkan untuk bisa menyusui ASI (Air Susu Ibu) eksklusif nantinya? Terus adakah cara untuk mengembalikan puting menonjol keluar seperti semula? Terimakasih.

Khumairoh (Perempuan, 24 tahun)

Jawaban

Wa'alaikumsalam wr wb. Selamat siang Ibu Khumairoh, terima kasih atas pertanyaannya. Puting yang terbenam seringkali mengkhawatirkan bagi ibu yang akan menyusui bayinya. Akan tetapi yang perlu diingat adalah bayi menetek pada areola, bukan pada puting.

Puting yang datar atau terbenam dapat dibantu agar lebih menonjol dengan pemakaian nipple former. Nipple former adalah alat pembentuk puting yang dapat digunakan pada ibu yang mempunyai puting yang datar atau terbenam. Pemakaiannya dimulai yang sejak ibu hamil trimester ke-3 atau sekitar usia kehamilan 32 minggu. Alat tersebut dipasang di dalam bra selama 1 jam per hari dan meningkat teratur sampai 8 jam per hari. Ibu tidak perlu memanipulasi atau menarik-narik puting selama hamil karena hal tersebut akan memicu refleks hormon oksitosin sehingga ibu akan berisiko mengalami kontraksi rahim.

Pada saat ibu sudah melahirkan, ibu tetap dapat menggunakan nipple former, dan diperbolehkan menggunakan nipple puller untuk menarik puting agar lebih menonjol. Nipple puller dipakai sebelum menyusui agar puting lebih menonjol, kemudian bayi dapat langsung disusui.

Silakan Ibu datang ke klinik laktasi bersama suami dan anggota keluarga lainnya untuk diberikan konseling lebih lanjut untuk persiapan menyusui dan pemakaian nipple former atau nipple puller.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit