detikhealth

Mereka yang Meninggal Akibat Serangan Jantung di Usia Muda

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 06/06/2017 18:10 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 5 Next »
Mereka yang Meninggal Akibat Serangan Jantung di Usia Muda 1 Ilustrasi serangan jantung. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Tak melulu menyerang mereka yang sudah tua, serangan jantung juga 'menghantui' orang-orang yang masih muda. Ya, mereka yang berusia di bawah 30 tahun juga rentan mengalami serangan jantung.

Hal tersebut disampaikan oleh dr Julio Ulaan, SpJP dari RS Siloam Kebon Jeruk. Menurutnya, penyakit dan serangan jantung bisa terjadi pada orang muda, tidak hanya pada orang yang sudah tua.

Baca juga: Eks Gelandang Newcastle Cheick Tiote Kolaps, Serangan Jantung?

Serangan jantung pada orang muda, biasanya berhubungan dengan beberapa faktor risiko. Termasuk di antaranya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes atau sakit gula, serta kolesterol tinggi. Riwayat sakit jantung di keluarga juga termasuk faktor risiko yang harus diwaspadai.

"Beberapa faktor risiko yang bisa memicu serangan jantung dan harus diwaspadai di antaranya kebiasaan merokok, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi," ujar dr Isman kepada detikHealth.

Pada beberapa figur publik, serangan jantung yang mendadak menyerang ini bahkan juga sampai langsung merenggut nyawa. Siapa saja yang mengalaminya? Berikut daftarnya, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit