detikhealth

Saran Dokter untuk Ibu Menyusui Saat Puasa

Aisyah Kamalia - detikHealth
Rabu, 07/06/2017 03:10 WIB
Saran Dokter untuk Ibu Menyusui Saat PuasaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Sebenarnya tidak ada larangan bagi ibu menyusui untuk ikut berpuasa. Menurut penelitian, kualitas maupun kuantitas ASI (Air Susu Ibu) tidak berubah saat asupan makan dan minum dibatasi selama setengah hari.

"Kuantitas dan Kualitas ASI tidak berkurang asalkan nutrisi yang diasup oleh ibu hamil juga mencukupi kebutuhan harian," ujar dr Dian Permatasari M.Gizi, SpGK, saat ditemui detikHealth di kawasan Kuningan, baru-baru ini.

Namun dalam kondisi tersebut, yang perlu menjadi prioritas adalah kecukupan nutrisi ibu dan anak. Ketika menyusui, maka seorang ibu tidak hanya makan dan minum untuk dirinya saja melainkan juga untuk buah hatinya. Karena itu, kebutuhan nutrisi harus benar-benar diutamakan.

Baca juga: Hamil Tapi Tetap Berpuasa? Begini Caranya Mengatur Nutrisi

Oleh karenanya, ibu hamil maupun menyusui tidak perlu memaksakan diri jika saat berpuasa mengalami gangguan kesehatan. Jika sudah merasa pusing, atau dalam kondisi tubuh yang kurang mengenakkan, ada baiknya untuk wanita yang sedang mengandung membatalkan puasanya.

Kalaupun ingin tetap berpuasa, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Selain itu, pastikan juga konsumsi air putih sudah mencukupi sehingga tidak terjadi dehidrasi.

Baca juga: Ibu Hamil yang Mengalami Kaki Bengkak, Bolehkah Berpuasa?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit