detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Pasang Pen Usai Operasi Patah Tulang, Masa Pemulihan Berapa Lama?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 07/06/2017 14:50 WIB
Pasang Pen Usai Operasi Patah Tulang, Masa Pemulihan Berapa Lama?Foto: thinkstock
Jakarta, Pada Oktober 2016 yang lalu saya kecelakaan yang menyebabkan tulang paha saya patah dan tulang lutut saya hancur. Pada paha saya dipasang pen dan di lutut saya dipasang mur. Sekarang sudah lima bulan berlalu tapi belum juga bisa jalan dan kaki saya juga belum bisa ditekuk sempurna. Berapa lama lagi saya bisa jalan normal? Dan bagaimana caranya kaki saya bisa ditekuk sempurna?

Ria (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Halo Ria,

Pada umumnya waktu 5 bulan sudah cukup untuk dapat berjalan kembali, setidaknya dengan bantuan tongkat. Apabila Anda masih belum bisa berjalan, perlu dicari penyebabnya, apakah karena penyambungan tulang yang masih kurang baik, atau ada masalah lain misalnya yang menyangkut otot atau saraf.

Tertundanya penyambungan tulang dapat terjadi akibat kurangnya nutrisi, atau masalah lokal seperti luka yang luas, adanya infeksi, atau kebiasaan merokok. Selain itu juga program rehabilitasi/fisioterapi memegang peranan penting dalam pemulihan.

Dengan menjalani program fisioterapi, kekakuan sendi sehingga sukar ditekuk dapat dicegah. Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter Anda, untuk mengetahui apa penyebab masalah yang Anda hadapi, dan bagaimana solusinya.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit