detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Suami Didiagnosis HIV-AIDS, Apakah Berisiko Tulari Istri?

Rabu, 07/06/2017 18:15 WIB
Suami Didiagnosis HIV-AIDS, Apakah Berisiko Tulari Istri?Istri yang khawatir tertular HIV-AIDS/Ilustrasi foto: thinkstock
Dok, suami saya didiagnosis HIV-AIDS. Saya khawatir apakah virus tersebut sudah menyebar ke tubuh saya atau belum. Tapi untuk mengantisipasi hal tersebut bagaimana Dok? Sedangkan kami hampir setiap hari bercinta. Apakah penggunaan kondom saja cukup melindungi saya? Apakah ada posisi yang sebaiknya saya lakukan untuk menghindari itu?

AP (Perempuan, 27 tahun)

Jawaban

Penularan HIV-AIDS terjadi melalui kontak darah saat hubungan intim. Bila suami tertib menggunakan kondom yang berkualitas (tidak mudah koyak) menjelang penetrasi penis ke dalam vagina, dan segera menyabut penis keluar dari vagina setelah ejakulasi (tidak terbawa tidur), dijamin Anda tidak akan tertulari. Disarankan suami berobat teratur, dan minum obat anti-viral secara tertib hingga bisa meningkatkan titer CD-4 sampai batas aman.

Tidak ada posisi hubungan seksual yang berperan untuk mencegah tertular HIV-AIDS, dibandingkan dengan peranan pemakaian kondom saat penetrasi penis ke dalam vagina.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit