detikhealth

Artikel 18+

Tak Selalu Mau, Pria Bisa Saja Tolak Bercinta karena Alasan Ini

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 08/06/2017 07:11 WIB
Tak Selalu Mau, Pria Bisa Saja Tolak Bercinta karena Alasan IniIlustrasi pria yang ogah diajak bercinta (Foto: ts)
Jakarta, "Dalam dua tahun terakhir, saya telah memerhatikan lebih banyak klien saya adalah pria yang tidak memiliki hasrat seksual dan wanitanya-lah yang memulai hubungan seks," David McKenzie, seorang terapis seks, membeberkan sebuah fakta.

Tapi tenang, jika pasangan menolak ajakan Anda untuk bermesraan, tidak selamanya kesalahan ada di pihak Anda. Bisa jadi, pasangan Anda sedang mengalami satu dari empat alasan pria menolak bercinta seperti yang ditulis rd.com, Kamis (8/6/2017).

Alasan pertama pria memilih untuk melakukan aktivitas lain selain bercinta dengan Anda bisa jadi karena ia sedang merasa depresi. "Depresi klinis adalah hal terbesar yang membunuh gairah seorang pria," ujar McKenzie yang juga merupakan konselor pernikahan.

Kunci untuk mengatasi hal ini adalah kesabaran, terutama jika ia sedang dalam pengobatan antidepresan yang juga dapat berkontribusi pada alasan minat seksual pasangan menjadi rendah.

Baca Juga: Rahasia Tetap 'Panas' di Ranjang Meski Sudah Tidak Muda Lagi

Selanjutnya, kemungkinan ia menggelengkan kepala untuk malam terbaik yang sudah Anda persiapkan karena kadar testosteronnya yang rendah. Menurut McKenzie, biasanya hal ini terjadi saat memasuki usia 40 tahun ke atas.
Tak Selalu Mau, Pria Bisa Saja Tolak Bercinta karena Alasan IniIlustrasi pria yang ogah diajak bercinta (Foto: ts)

Jika penurunan terus terjadi, maka pria secara bertahap akan kehilangan kemampuan seksualnya. Tapi terkadang, pria bisa kehilangan testosteron dengan sangat cepat. Kondisi ini dikenal dengan andropause dan disertai gejala seperti meliputi kehilangan energi, gejala depresi dan dorongan seksual rendah. Ada baiknya untuk mengajak pasangan berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu apakah penolakannya memang disebabkan oleh testosteronnya yang rendah.

Alasan ketiga yang bisa muncul karena adanya disfungsi ereksi. Pria yang mengalami kesulitan ini dapat menarik diri dari pasangannya karena takut wanita akan kecewa atau berpikir bahwa dia bukan laki-laki yang gagah.

"Saat tumbuh dewasa, orang selalu berbicara tentang kemampuan tampil dengan baik secara seksual. Ini adalah bagian dari budaya pria," kata David (28), seorang musisi asal Toronto, berbagi cerita.

Baca Juga: Pasangan Beda Gairah, Begini Cara Menyiasatinya

Mengembalikan hasrat pria dengan masalah ini memang harus membutuhkan bantuan dari ahli. Tetapi, hal ini juga sangat berat untuk pria secara batin. Anda bisa mulai mendukungnya dengan mengucapkan, 'aku mencintaimu, apapun yang terjadi'. "Jangan mempermasalahkan hal ini jika tidak ingin membuatnya berpikir Anda kehilangan ketertarikan pada pasangan dengan adanya masalah ini."

Terakhir, yang menjadi pendorong pria tidak menginginkan seks bisa jadi karena satu hal yang simpel. Dia kelelahan. "Jika saya hanya sedikit lelah, saya biasanya siap untuk itu," kata David." Tapi ada kalanya saya begitu kelelahan dan secara fisik tidak mampu melakukannya."

Trik untuk menghadapi jawaban seperti ini adalah dengan mencoba lebih mengerti tentang kondisi tubuh pasangan. Jangan malah berpikir yang tidak seperti Anda tidak lagi bisa memuaskannya. Menurut McKenzie, sekitar 98 persen pria yang dia ajak bicara mengatakan bahwa kurangnya minat seksual mereka tidak ada hubungannya dengan perasaan mereka terhadap pasangan mereka.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit