detikhealth

Bagaimana Mengajarkan Perilaku Positif di Medsos ke Anak?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 08/06/2017 11:15 WIB
Bagaimana Mengajarkan Perilaku Positif di Medsos ke Anak?Ilustrasi orang tua mengajari anak cara berperilaku yang baik di media sosial (Foto: Tthinkstock)
Jakarta, Maraknya masalah persekusi tengah menjadi perbincangan serius karena berkaitan dengan perilaku di media sosial (medsos). Baru-baru ini, terjadi kasus persekusi pada salah seorang anak remaja yang dikarenakan 'hate speech' yang dilakukannya di medsos.

Psikolog anak, Novita Tandry juga ikut berkomentar mengenai masalah tersebut. Menurutnya perilaku anak di medsos harus diawasi oleh orang tua agar berdampak positif. Karena setiap orang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh penggunaan medsos tersebut.

"Kalau dikatakan bahwa ini ikut-ikutan belum tentu benar, kalau orang tua punya pengawasan dan pengontrolan yang ketat dari rumah dan mendidiknya dari kecil," tutur Novita saat ditemui pada temu media di Hotel Shangri-La, Jalan Jendral Sudirman Kav 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Saran Psikolog Soal Perilaku Anak di Medsos

Menurutnya perilaku anak sangat dipengaruhi oleh didikan dari keluarga sejak sedini mungkin. Orang tua harus menjadi contoh teladan dan contoh yang paling pertama bagi anak-anaknya.

Anak-anak harus diajarkan toleransi sejak dini. Menurut Novita perilaku anak-anak akan mengarah ke hal yang positif apabila mereka diajarkan untuk berbagi, menghargai orang lain, menghargai adanya perbedaan, dan sejak sedini mungkin ditanamkan nilai kebersamaan. Hal ini akan mengarah pada tidak terjadinya hate speech di medsos yang mengakibatkan terjadinya kasus persekusi.

"Intinya, mulai dari usia dini orangtua harus menjadi contoh dan teladan bagi anak-anaknya," pungkasnya.

Baca juga: Cegah Trauma Korban Persekusi, Ini yang Bisa Dilakukan Psikolog(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit