detikhealth

Pilek Tidak Kunjung Sembuh Selama 4 Minggu, Ada Apa?

Kamis, 08/06/2017 15:20 WIB
Pilek Tidak Kunjung Sembuh Selama 4 Minggu, Ada Apa?Ilustrasi Foto: Getty Images
Dok, maaf sebelumnya saya mau tanya, kalau pilek tidak kunjung sembuh selama 4 minggu kadang disertai demam itu penyakit apa Dok? Terimakasih.

D (Laki-laki, 21 tahun)

Jawaban

Pilek 4 minggu, terkadang demam, menandakan adanya inflamasi atau peradangan. Awalnya gangguan ringan ini kemungkinan dikarenakan penurunan daya tahan tubuh, kurang beristirahat. Namun karena tidak segera diatasi, prosesnya menjadi kronis.

Apakah ada alergi terhadap udara dingin, debu, makanan tertentu? Apakah Anda sering bersin di pagi hari? Dari hidung sering keluar cairan bening? Tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan? Suara serak atau bahkan menghilang? Amandel meradang? Kalau salah satu jawabannya iya, maka ada kecenderungan mengarah ke sinusitis, rhinosinusitis, rhinitis alergi, faringitis, tonsilofaringitis. Untuk diagnosis tepatnya, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Akan ada anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, atas pertimbangan dokter.

Sebagai langkah preventif agar kondisi tidak semakin parah, maka pakailah masker penutup hidung saat berkendara, perbanyak minum air putih hangat, konsumsi buah segar atau jus buah [terutama apel, pisang, kurma, tomat], cukup beristirahat, berolahraga teratur, berpola hidup sehat, seimbang, serasi, dan selaras. Kalau memang Anda alergi dengan zat tertentu [misal asap rokok], maka sebisa mungkin hindarilah.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit