detikhealth
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Suami Nganggur, Istri Berubah Tak Lagi Cinta

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 08/06/2017 16:16 WIB
Suami Nganggur, Istri Berubah Tak Lagi CintaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Siang Mbak Wulan, saya sudah menikah selama tujuh tahun dan satu tahun lalu saya mengalami pemecatan dari kantor saya Mbak. Di mana istri saya yang dulu sangat mencintai saya sekarang berubah Mbak, dia terlihat cuek dan kasar kepada saya.

Memang sekarang kondisinya istri saya yang bekerja Mbak. Kami sering sekali bertengkar karena masalah ekonomi Mbak, dia selalu meminta cerai dan terkadang dalam pertengkaran tersebut dia berani menampar saya. Saya sedih Mbak karena dia berubah tidak seperti istri saya yang saya cintai dulu. Mohon pencerahannya Mbak. Terimakasih.

B (Laki-laki, 37 tahun)

Jawaban

Dear Bapak,

Masalah PHK memang bisa membawa pertengkaran di dalam keluarga. Secara umum, akan ada banyak penyesuaian yang terjadi ketika salah satu pasangan di PHK. Pasangan yang di PHK biasanya akan mengalami fase 'berduka', sedangkan anggota keluarga juga butuh melakukan penyesuaian yang bisa jadi sama-sama tidak mudah. Misalnya, istri yang sebelumnya tidak bekerja sekarang menjadi pencari nafkah utama, yang dulu memiliki gaya hidup tertentu karena ada dua penghasilan (suami istri bekerja) sekarang perlu hanya satu pemasukan dan membutuhkan penyesuaian. Penyesuaian bisa memunculkan banyak respon, seperti depresi, kehilangan, kemarahan, dsb.

Respon pasangan saat ini masih bisa berarti banyak hal. Pasangan yang memiliki hubungan sehat dan kuat, biasanya lebih ada kemauan untuk menyelesaikan masalah ini dan beradaptasi meskipun tidak mudah. Jika perubahan yang terjadi dari pasangan sangat drastis, perlu adanya penilaian lebih lanjut apakah ini hanya terjadi karena masalah finansial atau ada masalah lain sebelumnya yang tidak terungkap. Terkadang, masalah yang muncul pasca PHK bisa saja merupakan masalah yang sudah lama ada di dalam pernikahan, hanya saja tidak terbahas atau diabaikan. Masalah finansial biasanya menjadi alasan yang paling mudah untuk diajukan untuk bercerai, meskipun seringkali itu bukan menjadi satu-satunya alasan.

Masalah penyesuaian dalam PHK juga biasanya muncul ketika adanya persepsi bahwa ada sesuatu yang tidak dilakukan untuk mencari jalan keluar dari kesulitan yang terjadi. Contoh paling mudah adalah tidak bisa menyesuaikan gaya hidup dengan dana yang ada, sehingga masalah finansial menjadi masalah besar.

Selain finansial, ada juga hal-hal lain yang membutuhkan penyesuaian. Misalnya, berganti peran dalam pengasuhan anak. Tidak jarang juga sekarang ditemui ayah berperan untuk mengurus rumah tangga, sementara istri bekerja. Tidak akan menjadi masalah selama semua bisa disepakati bersama. Masalah terkadang muncul ketika pasangan tidak bekerja, tetapi juga tidak ikut membantu peran pasangan yang juga bertambah (pencari nafkah utama dan mengurus rumah tangga).

Sebaiknya Anda evaluasi diri sendiri juga untuk melihat sejauh mana dampak PHK tersebut terhadap diri Anda, bagaimana Anda berespon dan menyesuaikan diri dengan situasi yang ada saat ini. Kenali juga bagaimana persepsi pasangan dalam melihat cara Anda menyesuaikan diri, apakah pasangan melihat Anda melakukan sesuatu untuk menyikapi hal ini atau justru hanya meratapi diri, dsb.

Diskusikan pula dengan pasangan mengenai hal-hal dasar yang menjadi kebutuhan. Misalnya, bagaimana menyikapi prioritas pengeluaran, pengasuhan, pembagian peran, harapan masing-masing dengan kondisi yang ada dan bagaimana penyesuaian yang diperlukan. Jika diskusi dengan kepala dingin tidak memungkinkan, libatkan pihak ketiga yang Anda berdua hargai pendapatnya untuk menengahi.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit