Hari Anak Nasional

Musim Mudik Tiba, Siapkan Fisik dan Mental Agar Tetap Strong!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 09/06/2017 11:07 WIB
Musim Mudik Tiba, Siapkan Fisik dan Mental Agar Tetap Strong!Butuh persiapan fisik dan mental agar mudik tidak ganggu kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta, Musim mudik telah tiba. Sejumlah fasilitas telah berbenah, termasuk gerbang tol baru di Salatiga yang tengah nge-hits dengan latar belakang Gunung Merbabu yang indah.

Soal keselamatan pemudik, Kementerian Kesehatan juga menyiagakan nomor darurat 119. Saluran tersebut diintegrasikan melalui Public Safety Center untuk menganggulangi masala kesehatan saat mudik Lebaran 2017.

"Nomor itu yang akan membantu pemudik yang mengalami masalah kesehatan,""" kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, dr Bambang Wibowo, Sp OG(K), MARS dalam siaran pers yang diterima detikHealth.

Salah satu masalah kesehatan yang diantisipasi adalah kemacetan di jalur-jalur mudik. Ditambah dengan kondisi kelelahan saat melakukan perjalanan jauh, macet tidak hanya memicu stres secara mental tetapi juga menurunkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Mau Sewa Mobil untuk Mudik, Ini Daftar Harganya

Kelelahan saat mudik memicu turunnya daya tahan tubuhKelelahan saat mudik memicu turunnya daya tahan tubuh (Foto: thinkstock)


Di Karawang Jawa Barat, Dinas Kesehatan setempat menyiagakan 19 pos kesehatan pada musim mudik kali ini.

"Total pos kesehatan ada 19 pos. 2 Pos Kesehatan Lebaran Utama disiagakan di Tanjung Pura dan Jomin. 17 Pos Kesehatan Lebaran Bantu disiagakan di seluruh jalur mudik wilayah Karawang," kata dr Yuska Yasin, Kepala Dinas Kesehatan Karawang.

Baca juga: Pemandangan Cantik Gunung Merbabu Sambut Pemudik di Tol Salatiga

Selain pos kesehatan, sejumlah rumah sakit di Karawang juga disiagakan. Rumah sakit terdekat dengan tol di wilayah Karawang, antara lain RS Rosela, RSUD Cipto, dan Mandaya. Di gerbang Tol Karawang Timur ada RS Fikri, Lira Medika, dan di gerbang tol Dawuan ada RS Karya Husada, Saraswati dan Sentul.

Baca juga: Mudik Bersama Si Kecil? Perhatikan Hal Ini(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit