detikhealth

Tato-tato Sarat Makna: Sembunyikan Luka Caesar Hingga Bikin Puting Payudara

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 09/06/2017 17:47 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 6 Next »
Tato-tato Sarat Makna: Sembunyikan Luka Caesar Hingga Bikin Puting Payudara 1 Tato penuh makna, menyembunyikan bekas luka caesar hingga puting payudara (Foto: REUTERS)
Jakarta - Tato bukan sekadar menghias diri dengan gambar-gambar indah. Bagi orang-orang ini, tato merupakan bentuk dari rasa kasih sayang dan perubahan.

Manfaat tato bagi pemilik luka mencolok sendiri sudah dibuktikan oleh penelitian. Menurut studi terbaru yang dipublikasi di JAMA Facial Plastic Surgery, cara ini terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Pemimpin studi dr Rick van de Langenberg dari Diakonessen Hospital, Belanda, mengatakan meski tak menyembuhkan penyakit dermatographia bisa memiliki efek positif untuk kesehatan.

"Abnormalitas warna bekas parut dan cangkok kulit dapat mengakibatkan gangguan fisik, psikologis, dan kesejahteraan sosial terutama bila ada di wajah yang kerap terlihat oleh orang lain," kata dr Rick seperti dikutip dari Reuters.

detikHealth pun merangkum beberapa tato yang tak hanya berupa gambar-gambar indah, namun juga memiliki makna mendalam. Simak selengkapnya:

Baca juga: Seram atau Menarik? Ini Potret Orang-orang yang Menato Matanya



 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit