detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Bahayakah Berhubungan Intim di Kala Menopause?

Jumat, 09/06/2017 18:15 WIB
Bahayakah Berhubungan Intim di Kala Menopause?Berbahayakah melakukan hubungan seks saat menopause? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Dok, sepertinya saya mengalami menopause karena sudah kurang lebih satu tahun saya mengalami siklus haid yang tidak teratur. Bisa empat bulan nggak haid namun nanti haid lagi dan sedikit. Selain itu gairah seks saya sangat berkurang tapi suami saya tetap seperti biasa Dok meminta berhubungan intim. Adakah bahaya saat saya berhubungan intim di kala menopause? Terimakasih Dok.

W (Perempuan, 51 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda saat ini mencapai 51 tahun, amat normal bila Anda mengalami gejala pre-menopause, yaitu haid sudah tidak teratur, gairah seksual menurun.

Hubungan intim saat menopause sama sekali tidak berbahaya, hanya kadang kadang terasa nyeri vagina saat penetrasi Mr P. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya lubrikasi (pelendiran) vagina saat foreplay menjelang ML. Disarankan agar Anda menggunakan jelly atau baby-oil yang dioleskan pada bibir vagina menjelang penetrasi penis ke dalam vagina.

Peliharalah gairah seksual (libido) Anda dengan melakukan exercise fisik secara reguler, cukup tidur, didukung pula oleh asupan gizi seimbang. Sekali-sekali ajaklah suami melihat film, video yang bisa memicu fantasi seksual Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close