Hari Anak Nasional

Agar Tetap Sehat Saat Mudik, Jangan Lupa Bawa Obat-obat Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 13/06/2017 03:22 WIB
Agar Tetap Sehat Saat Mudik, Jangan Lupa Bawa Obat-obat IniPintu tol Brebes Timur bersiap menyambut musim mudik 2017 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta, Dalam melakukan perjalanan jarak jauh, kondisi kesehatan tubuh harus selalu dijaga agar tetap bugar. Salah satunya adalah dengan membawa obat-obatan lengkap.

Menurut pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT, salah satu obat yang wajib dibawa adalah obat yang memang sudah sejak awal diresepkan oleh dokter. Khususnya pada pasien yang mengidap riwayat penyakit tertentu.

Jika lupa atau tidak teratur mengonsumsinya selama melakukan perjalanan mudik, dikhawatirkan penyakit dari pemudik tersebut bisa kambuh. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengeceknya sebelum berangkat.

Baca juga: Berangkat Mudik Malam Hari, Siapkan Ini Agar Anak Tetap Nyaman

Dokter yang akrab disapa dr Ade ini menyebutkan bahwa obat lain yang juga penting untuk dibawa saat mudik yakni obat antimabuk. Meski bisa diatasi dengan cara alami seperti memakai minyak aromaterapi, tak ada salahnya tetap menyiapkan obat antimabuk saat mudik.

Bila Anda melakukan perjalanan mudik dengan anak, maka obat lain yang juga perlu dibawa yakni obat penurun demam atau pereda nyeri. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima juga sebaiknya siapkan suplemen vitamin atau madu. "Demam bisa saja muncul jika memang di tengah perjalanan sistem imun menurun karena lelah dan terkena infeksi, baik dari lingkungan sekitar maupun dari makanan," ujar dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut.

Namun sebelum meminum obat, pengendara sebaiknya memerhatikan efek samping obat terlebih dahulu. Beberapa obat memiliki efek samping yang bisa menimbulkan rasa kantuk.

"Jika bisa malah sebaiknya ada dua orang yang bisa mengendarai, jadi kalau salah satunya sudah lelah bisa bergantian," pesannya.

Baca juga: Agar Terhindar dari Kecelakaan, Cukupi Jam Tidur Sebelum Mudik

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit