detikhealth

Kasus-kasus Sembelit Aneh dan Tak Biasa

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Selasa, 13/06/2017 13:40 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 6 Next »
Kasus-kasus Sembelit Aneh dan Tak Biasa 2 Berawal dari keluhan sakit perut dan sembelit hingga perut membesar, seorang pria 22 tahun asal China dilarikan ke rumah sakut.
1. Sembelit dikira hamil

Berawal dari keluhan sakit perut dan sembelit hingga perut membesar, seorang pria 22 tahun asal China dilarikan ke rumah sakut.

Saat bertemu dokter, pria ini sudah kehabisan suara karena merintih kesakitan berulang kali. Napasnya bahkan tampak tersengal-sengal saat tiba di rumah sakit. Perutnya membuncit dan sangat besar, hingga menyerupai perut ibu hamil.


Baca juga: Perut Buncit Seperti Hamil, Ternyata Ada Kotoran Mampet di Usus

Menurut tim dokter, pemicu utamanya adalah penyakit langka yang dimiliki pria ini, yaitu penyakit Hirschprung, di mana ia terlahir tanpa memiliki saraf-saraf tertentu di dalam otot usus besarnya. Saraf-saraf ini bertugas mengendalikan usus besarnya, termasuk membantu menekan dan mengeluarkan feses dari dalam usus.

Akibatnya feses tidak bisa keluar secara otomatis saat BAB, dan menumpuk di dalam ususnya. Ironisnya, orang tua si pasien tidak menganggap kondisi ini sebagai kondisi serius sehingga mereka tidak pernah membawanya ke dokter.



 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close