detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Ada Benjolan di Mulut Rahim, Apakah Kelak Ganggu Hubungan Seks?

Selasa, 13/06/2017 18:16 WIB
Ada Benjolan di Mulut Rahim, Apakah Kelak Ganggu Hubungan Seks?Apakah benjolan yang ada di mulut rahim bisa mengganggu hubungan seks pasutri? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Selamat malam Dok, saya seorang perempuan 24 tahun dan belum menikah. Saya pernah mencoba meraba dalam mulut rahim (serviks) saya dengan menggunakan jari dan ternyata ada benjolan Dok. Tapi hingga saat ini saya tidak ada masalah.

Pertanyaannya Dok, apakah hal ini bisa mengganggu saya saat berhubungan suami-istri suatu hari nanti? Karena rencananya saya akan menikah satu bulan lagi Dok. Apakah kira-kira benjolan tersebut bisa menghalangi penis yang akan masuk? Mohon pencerahannya. Terimakasih Dok.

P (Perempuan, 24 tahun)

Jawaban

Dari penjelasan Anda belum dapat ditarik kesimpulan benjolan pada mulut rahim yang Anda raba, adalah suatu kelainan patologis. Bisa saja yang Anda raba adalah pembesaran kelenjar getah bening yang kadangkala membesar menjelang menstruasi atau saat ada keputihan (fluor albus).

Benjolan di mulut rahim tidak akan menghalangi penetrasi penis, karena penetrasi penis terbatas hanya dalam rongga vagina. Untuk meyakinkan Anda, disarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit