detikhealth

Mau Tetap Bugar Saat Perjalanan Jauh? Mudik Juga Butuh Persiapan Fisik

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 14/06/2017 10:05 WIB
Mau Tetap Bugar Saat Perjalanan Jauh? Mudik Juga Butuh Persiapan FisikJangan lupa persiapan fisik sebelum mudik. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta, Mudik menjadi ciri khas masyarakat Indonesia pada saat lebaran. Mudik identik dengan kemacetan, bahkan bisa mengular sampai berpuluh-puluh kilometer.

Dengan jarak yang jauh dan keadaan yang macet, dibutuhkan tubuh yang sehat dan stamina yang prima terutama untuk pengemudi.

Saat ditemui di RPTRA Taman Kenanga, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017), dokter spesialis kedokteran dr Michael Triangto, SpKO membagi tips untuk pengemudi saat berada dalam perjalanan mudik.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan tubuh berada pada keadaan sehat. Mempersiapkan fisik dengan berolahraga menjadi salah satu hal terpenting.

"Persiapkan juga fisiknya, sebelumnya jogging atau jalan cepat. Dengan demikian nilai kardionya menjadi lebih bagus," jelas dr Michael.

dr Michael juga menyebutkan untuk persiapan fisik sebaiknya dilakukan dari sebulan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Suka Tahan Kencing Saat Mudik, Waspada Infeksi Saluran Kemih

Ketika dalam perjalanan, usahakan untuk melakukan peregangan apalagi saat terjebak kemacetan. "Begitu kena macet, stretching ke kiri dan ke kanan. Itu bisa menggunakan handle pintu, bisa untuk menahan dan menarik badan," tuturnya.

"Kalau memungkinkan keluar, keliling saja sebentar. Dengan demikian membuat aliran darah menjadi lebih baik," tambahnya kepada detikHealth.

Selain itu, dr Michael menganjurkan untuk istirahat di tempat pemberhentian setiap dua jam sekali dengan durasi sekitar 30 menit. "Dicukupkan minumnya, buang air kecilnya, dan peregangannya," imbuhnya.

Saat istirahat, hendaknya pengemudi berbaring atau jika memungkinkan tidur sebentar untuk menyegarkan tubuh kembali.

Baca juga: Agar Tetap Sehat Saat Mudik, Jangan Lupa Bawa Obat-obat Ini(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit