detikhealth

Tips Dokter untuk Ibu Hamil yang Tiap Hari Pulang Pergi Naik KRL

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 14/06/2017 20:15 WIB
Tips Dokter untuk Ibu Hamil yang Tiap Hari Pulang Pergi Naik KRLFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Bekerja saat sedang hamil sah-sah saja, tapi jangan lupa untuk tetap memerhatikan kondisi kesehatan. Siapkan fisik untuk perjalanan pulang dan pergi kantor, terutama jika menggunakan KRL atau Commuter Line.

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis kandungan dari RSU Bunda Menteng Jakarta, dr Sita Ayu Arumi, SpOG, bahwa ibu hamil masih dianggap wajar jika tetap bekerja hingga usia kehamilannya mencapai 7 atau 8 bulan. Namun demikian, naik KRL butuh persiapan bagi ibu hamil.

Salah satunya adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Pilihlah baju dan celana yang berbahan katun sehingga mampu menyerap keringat dengan baik, serta berukuran longgar dan tak sempit.

Baca juga: Ini Alasan Medis Ibu Hamil Harus Dapat Kursi Prioritas di KRL

"Bukan cuma pakaian, tapi perhatikan juga pemilihan alas kaki seperti sandal atau sepatu. Pilih yang nyaman, misalnya flat shoes begitu. Usahakan jangan yang bertali karena kalau KRL sedang padat berisiko lepas dan terinjak talinya," ungkap dr Sita kepada detikHealth.

Sebisa mungkin hindari juga penggunaan sepatu berhak tinggi jika ibu hamil hendak naik KRL atau kendaraan umum lain. Sepatu berhak tinggi bisa mengganggu cara berjalan dan membuat ibu hamil cepat lelah.

"Kalau kebijakan kantor harus pakai seragam resmi atau sepatu hak tinggi, bawa salin saja. Jadi nanti bisa ganti," imbuh dr Sita.

Yang tak kalah penting siapkan bekal minuman dan makanan, misalnya sebotol air putih dan camilan ringan. Asupan nutrisi sangat dibutuhkan ibu hamil selama perjalanan. Terutama di dalam KRL yang padat dan pengap, kebutuhan cairan harus selalu dipenuhi oleh ibu hamil.

Baca juga: Risiko Jika Ibu Hamil Dibiarkan Berdiri Lama di KRL


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit