detikhealth
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan

Haruskah Menuruti Permintaan Suami untuk Berhubungan Seks Tiap Hari?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 15/06/2017 16:22 WIB
Haruskah Menuruti Permintaan Suami untuk Berhubungan Seks Tiap Hari?Sekali waktu, sah-sah saja menolak ajakan pasangan untuk berhubungan badan (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Siang Mbak Wulan. Saya baru saja menikah untuk kali kedua. Dalam beberapa bulan ini seks kami hampir selalu setiap hari. Apakah saya harus mengiyakan permintaan suami saya ya Mbak? Terimakasih.

N (Perempuan, 48 tahun)

Jawaban

Dear Ibu N,

Selamat ya, atas pernikahan keduanya.

Setiap istri punya hak yang sama dengan suami untuk mengutarakan apa yang menjadi keinginannya, termasuk menolak, mengiyakan atau meminta hubungan seksual. Hubungan seksual adalah kepuasan kedua pasangan, jangan sampai karena takut menolak membuat Anda juga jadi tidak bisa mendapatkan seks yang berkualitas.

Yang perlu diperhatikan adalah, banyak laki-laki menganggap hubungan seksual adalah cara mereka untuk mencintai. Dengan mengajak anda berhubungan seksual, ia ingin membuat anda merasa diinginkan dan dicintai. Sehingga, jika Anda memutuskan untuk tidak mengiyakan ajakan suami, Anda perlu belajar untuk menolak dengan cara yang mempertimbangkan sisi pandang pasangan terhadap hubungan seks ini. Karena bisa jadi penolakan Anda membuat ia beranggapan bahwa Anda tidak menginginkannya.

Boleh kok, untuk beberapa kali tidak mengiyakan ajakan pasangan. Hanya pastikan yang Anda tolak bukan pasangan, dan berikan alternatif keintiman lain yang memang bisa dilakukan. Misalnya, ada masanya Anda lebih ingin dipeluk atau dicium, belajar untuk mengkomunikasikan hal tersebut. Jika ternyata dari ciuman dan pelukan tersebut Anda merasa nyaman untuk melanjutkan, semua kembali kepada kenyamanan Anda berdua.

Komunikasi dalam berhubungan seks memang tidak mudah, apalagi jika selama ini tidak terbiasa untuk menyampaikan apa yang diinginkan dalam hubungan seks. Berhubung ini adalah pernikahan kedua Anda, tidak ada salahnya melakukan hal yang berbeda dari sebelumnya, bukan? Selamat berkomunikasi ya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit