detikhealth

Dokter Sebut Kaum Terpelajar Juga Bisa Terpengaruh Paham Anti Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 16/06/2017 07:35 WIB
Dokter Sebut Kaum Terpelajar Juga Bisa Terpengaruh Paham Anti VaksinOrang berpendidikan sekalipun juga bisa terpengaruh paham anti vaksin. (Foto: Ilustrator Zaki Alfarabi)
Jakarta, Mereka yang menganut paham anti vaksin tidak selalu berarti berpendidikan rendah. Di antara para penolak vaksin tersebut diketahui ada yang menyandang gelar pendidikan tinggi termasuk di antaranya para tokoh publik.

Mengapa hal ini bisa terjadi? dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), dari Rumah Vaksin menjelaskan karena gerakan anti vaksin menyerang ideologi. Terutama di Indonesia penolakan vaksin tumbuh berputar di dua isu besar yaitu kepercayaan bahwa vaksin mengandung babi yang haram bagi pemeluk agama islam dan vaksin merupakan konspirasi dari yahudi.

Kedua isu tersebut sebetulnya beberapa kali sudah pernah diklarifikasi oleh ahli mulai dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA), hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI). Namun tetap saja gerakan anti vaksin masih ada.

Baca juga: Vaksin Campak Disebut Mengandung Babi, Benarkah?

"Bahayanya anti vaksin ini enggak ilmiah karena dari sisi ideologi, agama. Maka orang-orang yang pinter dan rasional sekalipun begitu disentuh sisi ideologinya misal dengan babi atau konspirasi musuh islam maka rasionalnya dia gak jalan," kata dr Piprim kepada detikHealth dan ditulis Kamis (15/6/2017).

"Pendekatan ideologi itu di luar rasionalitas," lanjutnya.

Isu tokoh publik yang menganut paham anti vaksin belakangan mencuat setelah dua anak artis Oki Setiana Dewi dikabarkan terkena campak. Oki disebut-sebut sebagai salah satu penganut paham anti vaksin.

Suami dari Oki pun ketika diminta klarifikasinya tidak mau mengiyakan atau membantah.

"Memang lebih baik statementnya nggak usah bahas itu karena akan jadi lebih panjang. Panjangnya nanti, kalau saya bilang vaksin yang anti vaksin, wah mba Oki kok tahu agama tapi nggak ikutin agama anjuran ulama, meskipun ada juga yang menghalalkan," jawab Rio, suami Oki Setiana Dewi kepada detikHOT.

Baca juga: Heboh Disebut Anti Vaksin, Ini Kata Suami Oki Setiana Dewi(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit