detikhealth

Artikel 18+

Ini Sebabnya Seks jadi Kurang 'Hot' pada Pasangan yang Lama Menikah

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 16/06/2017 19:07 WIB
Ini Sebabnya Seks jadi Kurang Hot pada Pasangan yang Lama MenikahKehidupan seks pada pasangan yang telah lama menikah biasanya cenderung 'hambar'. (Foto: Getty Images)
Jakarta, Saat masih pengantin baru, kehidupan seks akan terasa menyenangkan karena keduanya sama-sama masih bersemangat. Tetapi semangat ini akan pupus seiring dengan berjalannya waktu.

"Di awal pernikahan, semuanya terasa baru sehingga Anda mengerahkan segala upaya untuk membangun kedekatan dengan pasangan," terang peneliti seks, Sarah Hunter Murray, PhD.

Tetapi ini tidak diimbangi dengan besarnya energi yang dimiliki tiap orang saat usianya juga bertambah. Begitu juga dengan fokus mereka. Ada hal-hal lain dalam kehidupan rumah tangga yang harus dipikirkan selain seks.

Meski begitu Murray meyakinkan bahwa ini bukan harga mati. Untuk mencari tahu apa yang salah dalam kehidupan seks pada pasangan yang telah lama menikah, ia mencoba melakukan wawancara mendalam dengan beberapa pria paruh baya yang telah menikah selama sedikitnya 2,5 tahun.

Hasilnya, berikut sejumlah faktor yang memengaruhinya dan apa yang bisa dilakukan untuk menjaga semangat di antara keduanya, seperti dikutip dari Men's Health, Jumat (16/6/2017).

Baca juga: Rahasia Tetap 'Panas' di Ranjang Meski Sudah Tidak Muda Lagi

1. Pria ingin merasa diinginkan
Lebih dari 70 persen responden mengaku hal ini memberikan dampak yang luar biasa pada gairah seksual mereka. Namun seiring dengan bertambahnya usia pernikahan, kebutuhan istri akan suaminya menjadi tidak sebesar ketika masih pengantin baru.

Untuk mengembalikannya, Anda bisa minta istri untuk memuji Anda saat mengenakan setelan jas baru dan katakan betapa pentingnya pujian itu bagi Anda. Bisa juga dengan memintanya sesekali menginisiasi kegiatan bercinta.

"Jangan pernah lupa bahwa istri juga ingin merasa diinginkan. Pujian kecil saja cukup," tandas Murray.
Ini Sebabnya Seks jadi Kurang 'Hot' pada Pasangan yang Lama MenikahPria tak lagi merasa diinginkan oleh sang istri seiring dengan lamanya rentang pernikahan. (Foto: iStock)

2. Seks yang begitu-begitu saja
Kunci dari kehidupan seks yang harmonis adalah spontanitas, dan terbukti 66 persen responden mengaku lebih menikmati seks yang tidak terencana atau tidak diduga-duga.

"Nyatanya mitos yang kita dengar itu ada benarnya. Elemen kejutan itulah yang membuat para pria terangsang," kata Murray.

Bisa dengan tiba-tiba mengajak istri melakukan seks singkat sebelum berangkat kerja atau sesekali mengajaknya bermalam di hotel maupun mencoba bercinta di ruang tamu. "Anda juga perlu terbuka untuk menggunakan mainan seks atau mencoba posisi seks baru, setelah itu rasakan sensasinya," saran Murray.
Ini Sebabnya Seks jadi Kurang 'Hot' pada Pasangan yang Lama MenikahMeskipun sudah berumur, pria tetap ingin mencoba sesuatu yang baru dalam bercinta seperti posisi seks yang berbeda atau memanfaatkan mainan seks. (Foto: thinkstock)

3. Jarang ngobrol
Di awal hubungan, kencan menguatkan ikatan di antara pasangan dan membuat komunikasi menjadi lebih intim. Dan 50 persen responden merasa ini penting untuk menggugah gairah seks mereka.

"Intinya hanya pasangan ingin Anda terfokus pada dirinya lagi dan membicarakan banyak hal bersama seperti bagaimana harinya, apa yang disukainya akhir-akhir ini," terang Murray.

Agar bisa intim kembali, mungkin ini saatnya Anda membuat istri nyaman berbicara dengan Anda seperti dulu lagi. Tak harus sambil makan malam, tetapi bisa saja di saat menonton TV bersama atau meluangkan waktu beberapa menit untuk ngobrol sejenak sebelum tidur.
Ini Sebabnya Seks jadi Kurang 'Hot' pada Pasangan yang Lama MenikahMenjaga keintiman pasangan tak harus dengan hal-hal berbau intim, tetapi juga sering ngobrol. (Foto: Thinkstock)

Baca juga: 3 Permainan Agar Hubungan Seks Tak Membosankan, Mau Coba?(lll/ajg)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit