detikhealth

4 Hal yang Membuat Kehamilan Anak Kembar Selalu Penuh Tantangan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 19/06/2017 07:03 WIB
4 Hal yang Membuat Kehamilan Anak Kembar Selalu Penuh TantanganPenyanyi Beyonce dikabarkan masih berada di rumah sakit setelah melahirkan anak kembar. (Foto: Instagram Beyonce)
Jakarta, Penyanyi Beyonce dikabarkan masih berada di rumah sakit setelah melahirkan anak kembar. Situs TMZ mengabarkan, ada 'minor health issue' yang membuatnya harus dirawat hingga hampir sepekan lamanya.

Walau sumber TMZ menyebut Beyonce dan anak kembarnya akan baik-baik saja, risiko gangguan kesehatan pada kehamilan anak kembar memang selalu lebih besar. Ini termasuk salah satu yang membuat kehamilan anak kembar selalu penuh tantangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal lain yang dihadapi seorang ibu saat mengandung hingga melahirkan anak kembar.

1. Lebih banyak gejala
Morning sickness atau mual-mual di pagi hari, cenderung muncul lebih awal dan bahkan lebih berat pada kehamilan anak kembar. Demikian juga dengan gejala-gejala kehamilan lainnya, seperti nyeri punggung dan susah tidur. Diyakini, ini adalah pengaruh hormon gonadotropin yang lebih tinggi pada kehamilan anak kembar.

Baca juga: Selamat! Anak Kembar Beyonce dan Jay Z Sudah Lahir

2. Risiko komplikasi lebih tinggi
Hamil dengan anak kembar, punya risiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes gestational, yakni jenis diabetes yang muncul di masa kehamilan. Demikian juga dengan risiko preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil. Maka tak heran jika ibu hamil dengan anak kembar biasanya akan lebih sering periksa ke dokter kandungan.

Baca juga: Menghitung Peluang Lahirkan Anak Kembar di Usia 35 Seperti Beyonce


3. Risiko depresi post partum
Setelah melahirkan, beberapa ibu mengalami depresi yang sering disebut depresi post partum. Menurut sebuah penelitian tahun 2009, ibu yang melahirkan anak kembar punya risiko 43 persen lebih tinggi untuk mengalaminya, dibandingkan dengan ibu yang melahirkan hanya satu anak.

Baca juga: Anak Kembar Cristiano Ronaldo Dikabarkan Lahir Dari Ibu Pengganti, Apa Itu?

4. Menyusui jadi lebih menantang
Proses menyusui selalu menjadi tantangan tersendiri bagi ibu manapun. Dengan dua bayi atau lebih dalam waktu bersamaan, proses ini tentu akan lebih menantang walaupun pada dasarnya tidak mustahil untuk dilakukan.

Baca juga: Bayi George Clooney Kembar Tapi Beda Jenis Kelamin, Kok Bisa Ya?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close