detikhealth

Artikel 18+

Kerap Diabaikan, Ini 5 Langkah Penting Jaga Payudara Tetap Sehat

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 19/06/2017 09:37 WIB
Kerap Diabaikan, Ini 5 Langkah Penting Jaga Payudara Tetap SehatSebagai salah satu organ yang penting bagi seorang wanita, penting untuk selalu menjaga kesehatan payudara. Apa saja tipsnya? (Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebagai salah satu organ yang penting bagi seorang wanita, penting untuk selalu menjaga kesehatan payudara. Apa saja tipsnya?

Seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah penting namun sering terlupakan jika Anda ingin menjaga kesehatan payudara:

Baca juga: Cuci Bra Setiap Hari Bisa Cegah Kanker Payudara? Ini Kata Dokter

1. Cermat memilih asupan

"Tubuh terdiri dari nutrisi yang dikonsumsi. Ini berarti pola makan yang kurang nutrisi, vitamin dan mineral tentu dapat memengaruhi kesehatan organ dan kulit," ungkap pakar diet Nichola Whitehead.

Ubi jalar, bayam dan kale yang kaya akan vitamin A sangat baik untuk dikonsumsi. Asupan ini dapat membantu menyehatkan kulit halus di daerah payudara dan bagian lain dari tubuh. Vitamin C dan E yang dikandungnya juga sangat baik untuk proses produksi kolagen pada kulit.

2. Setop kebiasaan minum minuman beralkohol

Pakar kesehatan holistik, Alyssa Burns-Hill, mengungkapkan bahwa alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Sementara itu sel kanker payudara diketahui sensitif terhadap tingkat estrogen yang lebih tinggi, sehingga perubahan kadar ini dapat memudahkan sel kanker untuk berkembang.

Baca juga: Hii! Konsumsi Alkohol Saat Hamil Bisa Pengaruhi Pembentukan Wajah Bayi

Kerap Diabaikan, Ini 5 Langkah Penting Jaga Payudara Tetap SehatPenting bagi wanita untuk menjaga payudara tetap sehat (Foto: thinkstock)

3. Pakai bra dengan ukuran tepat

Sekitar 80 persen wanita diyakini selama ini masih menggunakan bra dengan ukuran yang tak tepat. Padahal hal ini dapat berkontribusi terhadap bentuk dan struktur kulit payudara. Menggunakan bra dengan ukuran yang salah membuat payudara cepat kendur, postur tubuh menjadi buruk serta sakit punggung. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan lecet dan ruam pada kulit sekitar payudara.

"Banyak faktor, termasuk penurunan atau peningkatan berat badan, konsumsi obat-obatan, pil kontrasepsi, siklus menstruasi, kehamilan dan menopause yang dapat mempengaruhi ukuran payudara. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membeli bra baru setiap tahun untuk memastikan Anda memiliki ukuran yang benar," ungkap pakar kesehatan payudara, Julia Mercer.

4. Kenali gejala kanker payudara

Jangan malas! Carilah informasi sebanyak mungkin tentang kanker payudara serta gejala-gejalanya yang mudah dikenali. Dengan begitu, Anda juga akan menjadi lebih peduli dengan kondisi payudara. Deteksi dini juga diyakini dapat meningkatkan peluang kesembuhan dari kondisi itu sendiri.

"Mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker payudara dapat membantu menyelamatkan hidup Anda. Terutama jika Anda juga mau melakukan deteksi dini dan tak menunda berkonsultasi ke dokter," ujar Kristin Hallenga, yang aktif dalam kegiatan sosial seputar kanker payudara.

5. Pakai pelembab

Tak cuma wajah saja yang perlu diperhatikan kelembabannya, sama hal dengan payudara. Pakar kesehatan kulit Hayley Sparkes membenarkan bahwa wanita seringkali terlalu fokus pada kesehatan kulit wajahnya, sehingga bagian kulit lain seperti payudara kerap terlupakan.

"Payudara yang terus-menerus terkena gesekan dari pakaian dapat menjadi kering dan iritasi. Oleh sebab itu, payudara juga penting dipakaikan pelembab," tutur Sparkes.

Baca juga: Bintik-bintik di Dada Wanita Ini Ternyata Gejala Kanker Langka

(ajg/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close