detikhealth

Gendang Telinga Gwen Stefani Pecah karena Naik Pesawat, Kok Bisa?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 22/06/2017 13:03 WIB
Gendang Telinga Gwen Stefani Pecah karena Naik Pesawat, Kok Bisa?Foto: Michael Reynolds-Pool/Getty Images
Jakarta, Belum lama ini diketahui penyanyi Gwen Stefani mengalami masalah pada telinganya. Disebut-sebut gendang telinganya sedikit pecah.

Peristiwa ini terjadi sekitar beberapa waktu lalu. Kekasih Gwen, Blake Shelton, mengungkapkan bahwa mulanya Gwen naik pesawat dengan kondisi yang tak begitu sehat. Kemudian kondisinya kian memburuk sampai kemudian ia mengalami ada yang tak biasa di telinganya.

"Gwen terbang naik pesawat dengan kondisi yang tidak baik, ditambah dengan udara dan tekanan di kabin pesawat. Kombinasi ini membuat gendang telinganya mengalami sedikit kerusakan. Saya bahkan tidak tahu bagaimana kejadiannya," ujar Blake.

Baca juga: Mengenal Eksostosis, Gangguan Telinga yang Dialami Hamish Daud

Kondisi tersebut membuat Gwen tak diizinkan oleh dokternya untuk terbang naik pesawat dalam sementara waktu. Akibatnya Gwen harus membatalkan live show-nya di Las Vegas. Namun demikian, Blake menyebut kini Gwen sudah membaik dan bisa mendengar kembali.

Menurut pakar kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan dari ENT and Allergy Associates in Melville, New York, Vijay Mukhija, MD, gendang telinga merupakan bagian dari telinga yang sangat tipis, sehingga mudah robek akibat beberapa faktor, termasuk tekanan udara.

"Gendang telinga berfungsi sebagai penghalang, sekaligus melindungi telinga tengah. Jadi bila gednang telinga robek, maka air dan kotoran bisa masuk ke telinga tengah dan berpotensi menyebabkan infeksi," ujar Vijay, dikutip dari Health.

Selain itu, gendang telinga juga bekerja sebagai amplifier. Sehingga adanya robekan pada bagian tersebut dapat mengurangi kemampuannya untuk 'mengambil' suara dan memperbesarnya.

"Itulah mengapa Anda jadi sulit mendengar ketika gendang telinga Anda mengalami masalah seperti robek atau pecah. Semakin besar lubang, semakin besar pula gangguan pendengarannya," imbuhnya.

Baca juga: Hobi Menyelam dan Berenang Bisa Picu Eksostosis seperti Hamish Daud?

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit