detikhealth

3 Trik untuk Menjaga Perut Tetap Rata Sehabis Menyantap Menu Lebaran

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 25/06/2017 11:08 WIB
3 Trik untuk Menjaga Perut Tetap Rata Sehabis Menyantap Menu LebaranKelebihan kalori harus diimbangi dengan olahraga (Foto: iStock)
Jakarta, Biarpun para pakar kesehatan mengingatkan bahwa lemak dan santan berbahaya, faktanya kelezatan menu Lebaran tetap sangat menggoda. Daripada stres dihantui berbagai larangan, tidak ada salahnya memikirkan juga penangkalnya.

Harus diakui, makanan dan minuman berkalori tinggi yang banyak tersaji di hari Lebaran adalah musuh utama bagi para pendamba tubuh ramping ideal. Berlebihan menyantap makanan serba lezat tersebut, mudah sekali memicu penumpukan lemak terutama di bagian perut.

Agar perut tetap kencang, memang dianjurkan untuk membatasi diri agar tidak kalap saat makan saat Lebaran. Pilihan lainnya adalah mengimbanginya dengan olahraga yang tepat, dengan memfokuskan pada otot-otot core termasuk otot perut.

Beberapa inspirasi gerakan untuk mengencangkan perut agar tidak melar usai Lebaran adalah sebagai berikut, seperti dirangkum dari health.com.

1. Alternate toe touch
Prinsipnya, gerakan ini dilakukan sambil berbaring. Salah satu kaki diangkat lurus ke atas, lalu tubuh bagian atas diangkat agar kedua tangan bisa menyentuh ujung kaki yang harus tetap lurus. Lakukan bergantian dengan kaki yang satunya.

Berikut ini contoh gerakan seperti diperagakan oleh Jeanette Jenkins dari The Hollywood Trainer.




2. Side throw 180 degree jumps
Gerakan ini membutuhkan alat bantu berupa med ball, atau bisa diganti dengan bola apapun yang bisa memantul. Makin berat bolanya, akan memberikan challenge yang lebih besar sehingga efeknya lebih maksimal. Gerakan melompat dan berputar 180 derajat tidak hanya melatih otot core, tapi juga meningkatkan denyut jantung yang artinya membakar lebih banyak kalori.

Berikut ini contoh gerakannya dari Lacey Stone, seorang celebrity trainer di E!




3. Single leg mountain climber
Ini adalah variasi mountain climber yang memang dikenal sebagai salah satu gerakan olahraga paling manjur untuk meratakan perut. Bedanya, kali ini dilakukan dengan alat bantu sliding disc. Lakukan 10 repetisi untuk tiap sisi, lalu ulangi untuk beberapa set.

Berikut ini contoh gerakannya seperti diperagakan oleh Simone De La Rue dari Body by Simone di New York.




(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close