detikhealth
Artikel 18+

Saran Pakar Seks Bagi yang Kecanduan Masturbasi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 26/06/2017 19:05 WIB
Saran Pakar Seks Bagi yang Kecanduan MasturbasiMasturbasi jadi tidak sehat jika sudah memicu kecanduan (Foto: thinkstock)
Jakarta, Masturbasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sensasi atau kenikmatan secara seksual. Kebiasaan masturbasi juga dapat membuat seseorang mengalami kecanduan, dan pada titik tersebut masturbasi menjadi tidak sehat.

Beberapa kasus, masturbasi dapat mencederai diri sendiri karena ini berkaitan dengan cara bagaimana seseorang memperlakukan alat genitalnya. Dengan atau tanpa disertai benda-benda kadang kerap dikhawatirkan mengganggu organ reproduksi.

Baca juga: Beda Masturbasi Pria dan Wanita: Durasi Hingga Frekuensi

"Masturbasi bagi wanita atau pria tidak akan mengganggu kesehatan. Jelasnya tidak akan mengganggu kandungan atau rahim," kata pakar kesehatan seks, dr Andri Wanananda MS.

Menurut dr Andri, masturbasi dapat dilakukan asal frekuensinya tidak sampai mengganggu kegiatan produktif sehari-hari dan alat yang digunakan pun hygienis atau bersih. Namun ketika sudah berlebihan dan mengganggu produktivitas sehari-hari, maka harus dihentikan.

Diutarakan dr Andri, agar masturbasi tidak menjadi-jadi, salurkanlah energi seksual melalui kegiatan olahraga, misal renang, bersepeda, dan jogging. Bisa juga dengan aktivitas kesenian, seperti tari, melukis, teater, serta kegiatan bakti sosial untuk masyarakat.

Baca juga: Ini yang Dipikirkan Pria dan Wanita Saat Masturbasi

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close