detikhealth

Artikel 18+

Rutin Bercinta Cegah Serangan Jantung pada Pria

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 27/06/2017 05:37 WIB
Rutin Bercinta Cegah Serangan Jantung pada PriaSeks mengurangi risiko serangan jantung (Foto: Getty Images)
Jakarta, Punya risiko mengalami serangan jantung? Penelitian terbaru membuktikan, rutin bercinta pada pria bisa menurunkan risiko tersebut.

Sebuah penelitian di jurnal Sexual Medicine mengungkap bahwa hubungan seks secara rutin bisa menurunkan kadar homosistein. Senyawa ini secara alamiah ada di dalam darah, dan berisiko memicu sumbatan pada pembuluh darah.

Hubungan seks secara teratur, para pria berhubungan dengan sistem pembuluh darah yang lebih sehat. Peredaran darah yang lebih lancar menghambat pembentukan homosistein dalam darah.

Baca juga: Tragis, Perempuan Ini Lumpuh Setelah 2 Kali Orgasme

Namun efek serupa tidak ditemukan pada wanita. Menurut para peneliti, gairah seks pada wanita lebih sedikit berhubungan dengan sistem peredaran darah jika dibandingkan pada pria, sehingga tidak terlalu berpengaruh pada kadar homosistein.

Hubungan antara seks dengan serangan jantung bukan kali ini saja diteliti. Sebelumnya, sebuah penelitian membuktikan bahwa hubungan seks dua kali dalam sepekan bisa menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah arteri.

Serangan jantung sendiri diperkirakan membunuh 73.000 orang di Inggris setiap tahun, dan masih dikategorikan sebagai salah satu penyakit paling mematikan. Demikian dikutip dari Mirror.co.uk.

Baca juga: Cowok Rajin Fitness? Begini Pengaruhnya pada Kehidupan Seks

(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit