detikhealth

Ahok Ultah ke-51, Ini Tips Tetap Sehat di Atas Usia Separuh Abad

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 29/06/2017 12:26 WIB
Ahok Ultah ke-51, Ini Tips Tetap Sehat di Atas Usia Separuh AbadAhok saat resmikan RPTRA Bhinneka (Foto: Ari Saputra)
Jakarta, Hari ini, media sosial diramaikan oleh tanda pagar #HBDAhok51. Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hari ini merayakan ulang tahun yang ke-51. Di usia tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk tetap sehat.

Melewati usia setengah abad, aktivitas fisik seseorang cenderung menurun. Banyak faktor yang berpengaruh, mulai dari kesibukan hingga kemampuan fisik yang memang menurun.

Namun terkait kemampuan fisik yang menurun, ada pendapat lain yang patut dipikirkan. Huffingtonpost menulis, seseorang tidak berhenti bergerak karena usianya bertambah tua melainkan sebaliknya, seseorang menjadi tua karena berhenti bergerak.

Ketika seseorang menyadari usianya tidak lagi muda, mereka meyakini bahwa aktivitas fisik harus diturunkan intensitasnya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan. Yang terjadi, sebagian justru menjadi kurang aktif dan akhirnya malah menjadi gemuk dan rentan terhadap berbagai penyakit.

"Mereka salah. Bahaya sesungguhnya bagi kesehatan Anda adalah tidak olahraga sama sekali," demikian dikutip dari Huffingtonpost.

Baca juga: Netizen Ramai Ucapkan Ultah untuk Ahok, #HBDAhok51 Trending Topic

Salah satu yang penting untuk dijaga di usia 50 tahun ke atas adalah massa otot. Penyusutan massa otot karena jarang bergerak, bisa membuat metabolisme menurun. Selain itu bisa berdampak juga pada postur karena otot-otot penyokong rangka tubuh melemah. Dampaknya, jadi makin mudah terserang nyeri punggung dan bahkan bisa cedera.

Beberapa cara untuk menghindari risiko tersebut antara lain sebagai berikut:

Baca juga: Ucapan #HBDAhok51 Mengalir Deras di Lini Masa

1. Tambahkan strength training dalam menu olahraga
Ketika berpikir tentang olahraga, banyak orang langsung membayangkan lari dan aerobik. Keduanya memang menyehatkan, tetapi efeknya lebih dominan pada kemampuan kardiovaskular. Untuk mempertahankan dan bahkan menambah massa otot, dibutuhkan juga strength training atau latihan beban. Bisa dengan beban tambahan seperti barbell atau dumbell, bisa juga dengan berat badan sendiri.

Baca juga: Pagi-pagi Sudah Nge-gym, Gaya Hidup Obama Layak Jadi 'Fitness Goal'

2. Perbaiki pola makan
Minyak dan lemak dalam goreng-gorengan jelas bukan menu ideal untuk usia berapapun, apalagi di atas 50 tahun. Nutrisi yang seimbang harus sangat diperhitungkan, agar kalori yang masuk dan keluar bisa sebanding. Perbanyak juga porsi makanan sumber protein untuk mempertahankan massa otot.

Dalam beberapa kesempatan, Ahok menyebut tidak suka makan gorenganDalam beberapa kesempatan, Ahok menyebut tidak suka makan gorengan (Foto: Ari Saputra)


3. Bergabunglah dengan komunitas saat olahraga
Seperti halnya Michelle Obama dengan weekend bootcamp yang dijalankannya sejak masih di Gedung Putih, group exercise atau latihan berkelompok punya banyak keuntungan. Salah satunya adalah menjaga agar tetap konsisten dan selalu termotivasi. Musuh utama saat berolahraga sendirian adalah rasa bosan, yang bisa diatasi dengan saling mengingatkan di antara teman-teman komunitas.

Weekend bootcamp membuat Michelle Obama dijuluki ratu plankWeekend bootcamp membuat Michelle Obama dijuluki ratu plank (Foto: Getty Image)


Baca juga: Perlu Dicatat, Ini Pesan Penting Michelle Obama Soal Olahraga

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit