detikhealth

Diet Experience

Tak Repot! Begini Cara Eka Sukses Turunkan Bobot 24 Kg, Mau Coba?

Eka Yunianti - detikHealth
Senin, 03/07/2017 10:37 WIB
Before
After
Balikpapan Utara - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk turunkan berat badan. Salah satunya seperti diterapkan Eka Yunianti (29). Dalam waktu 9 bulan, bobotnya turun 24 kg!

Wanita kelahiran 13 Juni 1988 ini menceritakan kepada detikHealth trik-trik yang dilakukannya hingga berhasil menurunkan bobot dari semula 85 kg menjadi 61 kg. Berikut kisahnya, seperti ditulis detikHealth pada Senin (3/7/2017):

Baca juga: Food Combining Plus Rutin Zumba, Dini Turun Berat Badan 9 Kg

Saya menyiasati pola makan dengan memilih menu sayur dan lauk lebih banyak. Saya mengurangi dan kadnag tidak makan nasi. Saya juga tidak ada pantangan untuk buah apapun, kecuali pisang. Karena menurut saya buah ini karbohidratnya tinggi.

Untuk makan malam, menu sayur bisa jadi menu yang ideal. Termasuk di antaranya capcay, gado-gado, sayur sop atau sayur kuah lainnya kecuali sayur bersantan. Buah bisa seperti pepaya, mangga ataupun buah naga.

Tak lupa kalau pagi saya selalu minum perasan jeruk nipis hangat tanpa gula. Saya juga suka makan apel, pir atau pepaya.

Seminggu pertama, usahakan untuk olahraga. Jangan lupa untuk rutin melakukan aktivitas fisik minimal 3 jam dalam seminggu. Olahraga yang bisa dipilih misalnya jalan cepat atau lari untuk membakar kalori. Jangan lupa diimbangi dengan mengonsumsi air putih yang banyak.

Kalau sudah terbiasa, dengan sendirinya tubuh akan terbiasa melanjutkan ke tahap berikutnya. Jangan lupa kurangi makanan yang banyak mengandung gula, karena semua kegemukan berawal dari tingginya konsumsi gula.

Kalau mau makan nasi atau menu karbo lain, bisa di cheating day. Ini saya anggap reward karena sudah 'berupaya keras' selama enam hari sebelumnya. Ingat ya, dengan catatan hindari mengonsumsi makanan di cheating day dalam porsi berlebih. Semua yang berlebihan tidak bagus untuk kita.

Baca juga: Rutin Freeletics dan Berenang, Hendrik Berhasil Turun Bobot 15 Kg!


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit