detikhealth

Seminggu Pasca Puasa dan Lebaran, Apa Kabar Berat Badan?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 03/07/2017 11:49 WIB
Seminggu Pasca Puasa dan Lebaran, Apa Kabar Berat Badan?Foto: thinkstock
Jakarta, Tepat hari ini, sudah seminggu berlalu pasca selesainya momen puasa Ramadan dan Lebaran. Sudah timbang berat badan lagi belum?

Bukan tanpa alasan, seringkali berat badan yang sudah turun dalam sebulan berpuasa sangat mudah naik kembali pasca Lebaran karena 'balas dendam'.

Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko berat badan mudah naik kembali. Salah satunya adalah mengubah pola pikir tentang diet sehat.

Baca juga: Cegah Badan Melar Usai Lebaran, Ini Tips dari Ahli Gizi

"Jangan pernah diet terlalu ketat saat di bulan puasa karena hanya akan menimbulkan nafsu balas dendam saat Lebaran dan setelahnya. Jadikan diet sehat sebagai gaya hidup sehari-hari," ujar Victoria kepada detikHealth.

Salah satunya pola yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan Healthy Plate Model. Untuk dewasa, pembagiannya adalah 1/2 piring untuk sayur (tidak termasuk kentang, ubi dan jagung), 1/4 piring karbohidrat dan 1/4 piring protein rendah lemak.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak jenuh dan trans-fat berlebihan. Meski terasa menggiurkan karena rasanya lebih gurih, namun lemak jenis ini biasanya terdapat di makanan yang digoreng, daging proses olahan dan camilan seperti biskuit dan kerupuk.

Jangan lupa selalu rutin minum air putih. Victoria menjelaskan, meminum cukup air putih, baik dingin maupun hangat, akan membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

"Walaupun sebenarnya air dingin lebih memberikan efek positif terhadap berat badan karena untuk menyamakan suhu air di dalam lambung kita akan membakar kalori lebih banyak, tapi efeknya sangat kecil," imbuh Victoria.

Baca juga: Kebiasaan Makan Mi Instan yang Tidak Sehat Menurut Pakar


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit