detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Tak Bisa Mengeluarkan Sperma Pasca Operasi Tumor

Rabu, 05/07/2017 18:20 WIB
Tak Bisa Mengeluarkan Sperma Pasca Operasi TumorFoto: thinkstock
Selamat malam Dok. Saya pernah operasi tumor usus besar stadium dua bulan Maret 2016. Sekarang ini saya mengunakan stoma permanen. Yang saya ingin tanyakan, setelah operasi saya kalau berhubungan intim atau mimpi basah tidak bisa mengeluarkan sperma. Apakah ada solusi yang terbaik atau bisa normal lagi? Terimakasih.

K (Laki-laki, 39 tahun)

Jawaban

Operasi tumor usus besar (Carcinoma Colon) stadium 2, tumor hanya invasi pada jaringan otot usus, belum menyebar ke kelenjar getah bening sekitar usus, yg tergolong stadium 3. Dengan demikian harapan sembuh(prognosis)pasca operasi pada Anda amat baik. Akan tapi penyakit dan operasi yang Anda alami, tidak jarang menimbulkan komplikasi fisik dan psikis. Tapi, mengingat usia Anda, 39 tahun, relatif muda, bertahap komplikasi fisik dan psikis tersebut akan teratasi.

Komplikasi fisik, kadangkala dari obat, kemoterapi yang telah diberikan pasca operasi. Jelasnya, bisa mempunyai efek pada gangguan keseimbangan hormon pria (testosteron). Besar kemungkinan hal ini yang menyebabkan tidak terjadinya pengeluaran cairan sperma saat ejakulasi ketika ML dan mimpi basah (wet dreaming).

Disarankan Anda, minimal periksa kadar free testosteron darah di laboratorium. Selanjutnya, dianjurkan pula konsultasi dengan dokter spesialis urologi.

Komplikasi psikis, bisa karena faktor stres, mengingat operasi Carcinoma Colon merupakan operasi cukup besar. Yang dilakukan pada saluran usus besar, bukan pada organ atau saluran reproduksi yang berperan pada hasrat seksual dan hubungan intim pria wanita.

Patut dipahami, selama Anda masih memiliki hasrat birahi, Mr P masih tegang dan keras saat ereksi, diharapkan ejakulasi Anda akan kembali menghasilkan cairan sperma. Juga prognosis Carcinoma Colon stadium 2 pasca operasi cukup baik, karena belum menyebar ke kelenjar getah bening seperti pada stadium 3.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit