detikhealth

Wuss! Teknologi Formula 1 Dipakai untuk Bikin Carrier Bayi Kritis

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 06/07/2017 12:15 WIB
Wuss! Teknologi Formula 1 Dipakai untuk Bikin Carrier Bayi KritisBabypod 20, carrier bayi khusus yang dikembangkan dengan teknologi Formula 1 (Foto: Williams)
Jakarta, Bicara tentang Formula 1, yang terbayang di benak kita adalah mobil-mobil berkecepatan tinggi yang dibuat dengan teknologi mutakhir.

Namun belakangan teknologi jet darat tersebut diaplikasikan untuk hal lain seperti membuat inovasi di bidang kesehatan.

Salah satu tim Formula 1, Williams lewat anak perusahaannya Williams Advanced Engineering baru-baru ini turut membantu mengembangkan carrier khusus untuk bayi baru lahir yang sakit keras.

Namanya Babypod 20. Sejenis kotak inkubator yang transparan, tetapi lebih ringan dan desain yang lebih ramping. Kotak ini dirancang khusus untuk membawa atau memindahkan bayi yang sakit keras, baik dengan mobil, ambulans maupun helikopter. Demikian seperti dilaporkan BBC.

Awalnya ini adalah proyek dari Advanced Healthcare Technology (AHT), sebuah perusahaan yang berbasis di Suffolk, Inggris dan sudah malang-melintang dalam membangun sistem transportasi untuk bayi selama bertahun-tahun.

Mereka berinisiatif membuat alternatif untuk inkubator yang ada. Inkubator dikenal sebagai alat yang berat dan sulit dipindah-pindah. Inkubator juga membutuhkan aliran listrik untuk bisa tetap hidup.
Wuss! Teknologi Formula 1 Dipakai untuk Bikin Carrier Bayi KritisPerwakilan dari Williams Advanced Engineering menjelaskan tentang carrier bayi yang mereka kembangkan. (Foto: Williams)

Untuk itu AHT berupaya mengembangkan alternatif yang lebih ringan dan lebih praktis. Untuk menyempurnakannya, mereka pun mengajak Williams bekerjasama. Hasilnya, sebuah kotak bayi khusus yang hanya memiliki berat 9,1 kg, berukuran tidak terlalu besar dan dapat menahan guncangan keras.

Williams juga membuat kotak ini dari bahan yang tidak main-main, yaitu serat karbon, bahan yang sama untuk membuat mobil balap Formula 1.

Baca juga: Sejak Kapan Sih si Kecil Sudah Bisa Menggunakan Car Seat?

Untuk saat ini, Babypod 20 sudah dipergunakan oleh Children's Acute Transport Service (CATS), layanan milik Great Ormond Street Hospital di London.

"Kami sangat gembira dengan adanya pod baru ini karena transportasi yang efektif dan cepat dapat menyelamatkan banyak nyawa dalam situasi darurat, apalagi ketika memindahkan bayi-bayi yang kondisinya kritis," tutur Eithne Polke, manajer operasional CATS.

Baca juga: Tips Memilih dan Menggunakan Car Seat yang Aman untuk Anak(lll/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit