detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Ereksi Tak Maksimal, Kadar Testosteron Sudah Menurun?

Jumat, 07/07/2017 18:20 WIB
Ereksi Tak Maksimal, Kadar Testosteron Sudah Menurun?Foto: thinkstock
Sudah hampir sebulan ini ereksi saya tidak maksimal, kadang cepat sekali melemah. Kalau ereksi tidak terlalu keras. Saat pagi hari pun tidak pernah lagi ereksi. Gairah seks saya sepertinya juga berkurang. Apakah testosteron saya sudah menurun? Adakah suplemen untuk menambah kadar testosteron? Trims sebelumnya.

B (Laki-laki, 42 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda yang sudah 42 tahun, dari keluhan Anda besar kemungkinan Anda mengalami disfungsi ereksi (DE). Pada usia kepala 4 tidak jarang DE terjadi. Biasanya disebabkan oleh penyakit-penyakit kronis: kencing manis, darah tinggi, gangguan kadar lemak darah (kolesterol) dan gangguan keseimbangan hormon pria (penurunan kadar free-testosterone).

Disarankan agar Anda dengan petunjuk Dokter Keluarga Anda melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium-klinik, untuk mengetahui adakah penyakit atau gangguan kadar darah seperti diuraikan di atas. Di samping itu, lakukanlah exercise fisik secara reguler, 4-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit, misalnya renang, bersepeda, jalan cepat.

Bila Anda tidak mengonsumsi obat jantung (isorbid-dinitrate), Anda boleh minum obat erektogenik, misalnya Sildenafil, Tandalafil, 30 menit sebelum melakukan hubungan intim. Tentu saja, setelah berkonsultasi dengan Dokter Keluarga Anda. Bila kadar free-testosterone menurun, sebaiknya dilakukan injeksi hormon testosterone.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit