detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Cepat Ejakulasi Saat Masturbasi, Bagaimana Mengatasinya?

Selasa, 11/07/2017 18:15 WIB
Cepat Ejakulasi Saat Masturbasi, Bagaimana Mengatasinya?Selalu cepat ejakulasi saat masturbasi apakah akan jadi masalah? (Foto: thinkstock)
Malam Dok, saya belum menikah ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

1. Kenapa kalau saya onani itu cepat sekali ejakulasinya? Apakah itu tanda kalau saya mengidap EDI (ejakulasi dini) kalau nanti saya berhubungan intim apakah akan sama juga?
2. Saya pernah berpikir untuk minum obat kuat entah jamu atau bpil yang dijual bebas di apotek. Apakah berbahaya bila menggunakan obat kuat baik jamu atau pil? Kalau saya minum cialis kira-kira berapa lama saya dapat bertahan? Terimakasih.

C (Laki-laki, 33 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda 33 tahun, relatif muda, juga hasrat seksual disalurkan saat masturbasi, masih diragukan apakah Anda mengalami ejakulasi dini (ED). Yang pasti bukan disfungsi ereksi (DE), yaitu penis tegang sesaat lalu layu, belum sempat ejakulasi. Obat-obat yang Anda sebut, yang tergolong obat erektogenic, untuk mengobati DE bukan untuk ejakulasi cepat.

Cepat lambatnya ejakulasi saat masturbasi bergantung pada: gerakan tangan atau alat yang digunakan dan objek yang difantasikan. Jelasnya, bila dilakukan dengan gerakan tangan, lakukanlah dengan lambat, tidak tergesa-gesa.

Objek yang difantasikan yang seksi dan sensual hanya pada awal masturbasi, untuk membuat penis tegang ereksi. Saat melakukan gerakan masturbasi, lupakan fantasi sensual tersebut. Lakukanlah gerakan manual saat masturbasi dengan pelan dan tidak bergegas.

Dengan cara ini diharapkan bisa memperpanjang durasi masturbasi Anda.
Setelah nanti punya pasangan, perlu kerja sama dengan partner saat foreplay, agar tidak memicu hentakan birahi hingga terjadi ejakulasi dini.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit