detikhealth

The Coffee Diet, Tren Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 12/07/2017 14:35 WIB
The Coffee Diet, Tren Turunkan Berat Badan dengan Minum KopiFoto: thinkstock
Jakarta, Baru-baru kembali muncul tren diet baru, khususnya bagi mereka yang hobi meminum kopi. Disebut sebagai The Coffee Diet, disebutkan konsumsi rutin kopi setiap hari bisa bantu turunkan berat badan.

Seperti dikutip dari New York Post, pakar kesehatan Bob Arnot menyebutkan bahwa konsumsi secangkir kopi setiap hari dapat membantu program penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, konsumsi kopi juga diklaim membantu menekan nafsu makan berlebih serta membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Baca juga: Mengintip Tren Kopi Campur Mentega Ala Bulletproof Coffee

"Pertama, ada peningkatan efek metabolik. Dengan meminum kopi, Anda akan membakar 100 kalori lebih banyak setiap hari dibandingkan jika Anda tidak meminumnya," ujar Arnot kepada People.

Dikombinasikan dengan olahraga, rutin minum kopi juga membuat tubuh Anda menjadi membakar lebih banyak asam lemak. Dalam metode diet ini, Anda dianjurkan untuk meminum secangkir kopi hitam panas setelah makan, sebelum mandi dan sebelum olahraga.

Nutrisionis Kristen Beck mengungkapkan pada News.com.au bahwa meski kopi dapat meningkatkan metabolisme, namun pada umumnya efek yang dirasakan tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Begini Kata Ahli Gizi Soal Turunkan Berat Badan dengan Kopi Hijau

"Kopi memang bisa menekan nafsu makan dengan memberikan dorongan energi, namun mengandalkan kopi sebagai sumber energi kurang tepat. Efeknya hanya bersifat jangka pendek dan tidak bertahan lama," ungkap Beck.

Hal serupa juga disampaikan oleh pakar pencernaan dan penyakit hati dari Monash Health, Australia. Ia menjelaskan bahwa konsumsi kopi memang baik bagi kesehatan secara keseluruhan, namun harus tetap dibatasi dan dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya.

"Yang perlu diketahui, diet ini bukan hanya tentang minum kopi. Tapi Anda juga harus memiliki pola makan sehat yang menyertainya. Ini tidak diragukan lagi, memiliki efek dan tanggung jawab lebih besar untuk penurunan berat badan," pesan Beck.

Baca juga: Berat Badan Bisa Turun dengan Minum Kopi Campur Mentega? Ini Kata Pakar


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit