detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Sakit Perut Ketika Menahan Libido

Rabu, 12/07/2017 18:16 WIB
Sakit Perut Ketika Menahan LibidoIlustrasi pria yang mengeluh sakit perut saat menahan libido/Foto: Thikstock
Halo Dok, saya merasa sakit perut dan sering buang air besar ketika saya menahan libido saya untuk tidak melakukan onani dan rasa sakit tersebut hilang ketika saya sudah melakukan mastrubasi. Apakah ini kelainan Dok dan berbahayakah bila menahan libido dalam jangka waktu yang lama? Bagaimana cara mengendalikan libido yang tinggi seperti saya ini Dok? Terimakasih.

E (Laki-laki, 23 tahun)

Jawaban

Organ-organ dalam tubuh kita merupakan suatu jalinan sistem. Ibarat sebuah mobil dengan peralatannya; bila salah satu onderdil terganggu akan merambat ke peralatan mesinnya yang lain. Demikian pula dengan desakan birahi yang tertahan, akan berdampak pada persarafan organ-organ tubuh lainnya. Seperti yang Anda alami, terpicu sakit perut dan ingin buang air besar.

Sebaiknya dorongan libido segera disalurkan, antara lain dengan masturbasi. Jelasnya, masturbasi tidak mengganggu kesehatan bila dilakukan secara hygienis, selalu bersih aurat dan alat yang digunakan, frekuensinya tidak boleh mengganggu kegiatan rutin sehari-hari, dilakukan dalam suasana yang nyaman.

Untuk mengendalikan libido Anda, lakukanlah: exercise fisik secara reguler, misalnya renang, bersepeda, jalan-cepat, yoga; kegiatan spiritual, misalnya berzikir, retreat, meditasi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit