detikhealth

Artikel 18+

Sering Berhubungan Seks Tingkatkan Kekuatan Otak

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 13/07/2017 08:38 WIB
Sering Berhubungan Seks Tingkatkan Kekuatan OtakMenurut penelitian, pasangan yang berhubungan seks memiliki kemampuan kognitif yang juga tinggi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Banyak yang mengira hubungan seksual yang terlalu sering mempunyai dampak kurang baik bagi tubuh. Namun penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Gerontology Series B mengatakan hal berbeda.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang sering terlibat dalam aktivitas seksual reguler akan semakin tinggi dalam serangkaian tes mental. Selain itu kelancaran verbal lebih baik, kemampuan untuk melihat objek secara visual meningkat, serta bisa menilai jarak antar benda lebih baik.

Penelitian ini melibatkan 73 orang yang berusia antara 50-83 tahun dan menentukan seberapa sering mereka melakukan hubungan seks selama 12 bulan. Dikategorikan dalam rentang waktu untuk berhubungan seks, dan mencatat rincian kesehatan serta gaya hidup.

Baca juga: Ketika Suami Ajak Istri Bercinta Tiap Hari, Bagaimana Tanggapan Psikolog?

Sebanyak 28 pria dan 45 wanita diukur pola fungsi otaknya. Mereka dirancang untuk mengukur perhatian, ingatan, kelancaran, bahasa, dan kinerja spasial.

"Setiap kali kita melakukan penelitian, kita semakin dekat untuk memahami mengapa asosiasi ini ada. Bagaimana mekanisme dasarnya, dan apakah ada hubungan sebab dan akibat antara aktivitas seksual dan fungsi kognitif pada orang yang lebih tua," ujar salah satu peneliti, Dr Hayley Wright dari Coventry University yang dikutip dari news.com.au.

Hasilnya, mereka yang memilki aktivitas seksual lebih dari sekali dalam seminggu mencetak skor terbaik. Kemampuan verbalnya meningkat dan kinerja visualnya lebih tinggi. Namun frekuensi hubungan seks tidak berpengaruh pada peningkatan perhatian dan memori atau kosa kata.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Oregon State University, menemukan bahwa karyawan yang memiliki hubungan seks lebih banyak di rumah melaporkan semangat kerja lebih tinggi dan kepuasan kerja pun menjadi lebih besar.

Ini berarti bahwa setelah melakukan hubungan seksual akan menghasilkan hormon seks dopamin dan oksitosin yang akan bertahan hingga 24 jam baik pada pria maupun wanita. Dan hal ini mempengaruhi kinerja otak mereka.

"Kami hanya bisa berspekulasi apakah ini didorong oleh unsur sosial atau fisik. Namun mekanisme biologis juga dapat mempengaruhi hal ini," tutup Dr Wright.

Baca juga: Alasan Kenapa Bercinta Tak Perlu Setiap Hari Menurut Studi(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit