detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Sudah Berusia 3,5 Tahun Tapi Anak Masih Menyusu ASI, Bagaimana Dok?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 13/07/2017 16:20 WIB
Sudah Berusia 3,5 Tahun Tapi Anak Masih Menyusu ASI, Bagaimana Dok?Ilustrasi ibu menyusui/Foto: thinkstock
Jakarta, Dok, anak saya sekarang umurnya sudah 3,5 tahun tapi masih menyusu ASI. Bagaimana ya dok? Sudah sejak umur 3 tahun saya mencoba menyapih tapi belum bisa juga meski frekuensi menyusunya sudah berkurang.

Henny (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Ibu Henny, waktu yang terbaik menyusui adalah sampai anak berusia 2 tahun. Bila lebih sedikit tidak mengapa, namun jangan dibiarkan berlarut-larut, apalagi anak sudah di atas 3 tahun. Hal ini dikarenakan fase oral seorang anak adalah hanya sampai 2 tahun.

Bila sudah di atas 2 tahun (apalagi lewat dari 3 tahun) dia masih menghisap-hisap atau mengenyot (menyusu, mengempeng, hisap jempol atau ngedot), maka dari sisi psikologis si anak akan mengalami gangguan berpikir, mengambil keputusan, dan masalah kemandirian saat dia beranjak dewasa. Oleh karena itu kami sarankan Ibu untuk segera menyapih anak ibu.

Disini peran seluruh keluarga, terutama suami, sangatlah diperlukan. Sang anak dapat dialihkan oleh ayah, nenek, atau saudara dekat bila sudah teringat ingin menyusu. Bisa dialihkan dengan bermain, bercerita, atau makan dan minum yang menyenangkan. Pada malam hari disarankan tidur terpisah dengan sang ibu bahkan kalau memungkinkan sementara tinggal terpisah.

Biasanya proses ini membutuhkan waktu 3 hari jika memang sang ibu dan keluarga bertekad. Harus ditanamkan pikiran tega namun untuk kebaikan sang anak dan keluarga di masa depan. Bila keluarga kurang mendukung dan kurang terlibat, memang akan sangat berat bagi ibu untuk melakukan proses penyapihan ini.

Bila masih ditemukan kesulitan atau keluhan, Ibu dapat mengajak keluarga ke klinik laktasi untuk diberikan arahan dan pengertian yang terbaik. Selamat sudah sukses menyusui sampai 2 tahun... Ibu sungguh hebat sekali.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com

(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit