detikhealth

Lucu! Video Pasien Kanker Anak Joget Saat Jalani Kemoterapi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minggu, 16/07/2017 08:20 WIB
Lucu! Video Pasien Kanker Anak Joget Saat Jalani KemoterapiPiper sebelum operasi dan beberapa lama selepas kemoterapi. Ia nampak selalu ceria. (Foto: Facebook/Pray for Piper)
Jakarta, Mengidap kanker neuroblastoma tidak membuat Piper Lively putus asa. Anak perempuan yang baru berusia 7 tahun ini nampak asik berjoget di sela-sela menjalani sesi kemoterapi.

Video yang diunggah di laman Facebook Pray for Piper ini memperlihatkan Piper yang asik berjoget menggoyangkan pinggul dan tangan mengikuti irama lagu September yang dinyanyikan oleh grup bang Earth, Wind & Fire. Raut wajah gadis cilik itu pun terlihat cerita seperti tanpa beban.

"Begini caranya Anda melawan kanker! Ia baru menerima dosis pertama (kemoterapi) semalam dan akan menerima dosis kedua malam ini. Ia melawan rasa mual dan muntah di pagi hari untuk bisa melakukan ini," demikian keterangan dalam laman tersebut.

Baca juga: Demi Pasien Kanker Anak, Pria Ini Jauh-jauh ke Kutub Selatan Pakai Kursi Roda



Video ini terbukti menyebarkan banyak pengaruh positif. Saat berita ini dibuat, sudah ada lebih dari 52 ribu orang yang menonton dan lebih dari 1.400 orang yang membagikannya.

Komentar yang ditulis netizen pun bernada positif dan memberikan semangat untuk Piper. Netizen mendoakan Piper agar segera sembuh dan bisa melihatnya kembali berjoget saat sudah sehat.

"Proses pemulihan Piper berjalan mulus. Ia sudah lepas dari selang bantuan pernapasan. Dokter memperkirakan sekitar 95 hingg 99 persen dari tumornya sudah dibuang dan tidak ada jaringan tumor yang tersisa," tulis keterangan lain dalam laman yang sama.

Piper saat ini merupakan murid kelas 1 di Black Elementary School. Proses pengobatan Piper dimulai sejak Februari lalu dengan kemoterapi dilakukan pertama kali pada bulan Maret dan operasi bedah dilakukan pada bulan Juni.

Baca juga: Kisah Anak Pasien Kanker dan 'Hadiah' Berharga dari Tukang Sampah

Neuroblastoma sendiri merupakan jenis kanker yang tercatat paling sering menyerang anak-anak. Data dari American Cancer Society menyebut sekitar 6 persen pasien kanker anak merupakan pasien neuroblastoma.(mrs/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit