detikhealth

Seberapa Efektif Activity Tracker untuk Tingkatkan Olahraga?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 17/07/2017 10:42 WIB
Seberapa Efektif Activity Tracker untuk Tingkatkan Olahraga?Menurut dokter, penggunaan activity tracker cukup efektif untuk membantu mencapai target olahraga. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Masih tentang orang Indonesia yang disebut-sebut 'malas' jalan kaki, tak ada cara lain untuk mengubahnya kecuali mulai mengubah mindset mengenai gaya hidup sehat.

Kita harus tetap memulainya walau fasilitas umum kurang mendukung untuk pejalan kaki, terlebih banyak pengendara bermotor yang mengalih fungsikan trotoar untuk jalanan mereka.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO mengungkapkan bahwa tidaklah sulit untuk mulai berolahraga, asalkan memiliki niat yang baik untuk memulai hidup sehat.

Baca juga: Kata Koalisi Pejalan Kaki Soal Orang Indonesia 'Malas' Jalan Kaki

"Lakukanlah yang bisa dilakukan, jangan ditunda-tunda," tutur dokter yang praktik di RS Mitra Kemayoran itu.

dr Michael menuturkan bahwa untuk mulai olahraga penting membuat target, contohnya target 10 ribu langkah per hari. "Target itu kan relatif, sesuatu yang belum kita dapatkan menjadi obsesi untuk didapat pada masa mendatang," imbuhnya.

Untuk mencapai target tertentu, dr Michael menggunakan aplikasi activity tracker yang sudah umum ada di perangkat smartphone. Menurutnya penggunaan aplikasi ini cukup efektif untuk mencapai target.

"Jenis-jenisnya yaitu bisa menghitung langkah, menghitung anak tangga kalau kita naik turun, bisa menghitung panjang langkah juga tapi harus pakai alat bantu, berapa jam dan jaraknya. Tetapi akurasinya masih dipertanyakan karena panjang langkah kaki setiap orang kan berbeda," ujarnya.

Di era teknologi yang berkembang pesat ini membuat pekerjaan manusia juga lebih mudah, namun dampak buruknya juga bisa membuat manusia menjadi lebih malas jika tidak digunakan dengan bijak. Kamu pilih yang mana?

Baca juga: Trotoar Dipakai Berdagang dan Parkir, Masyarakat Jadi Susah Jalan Kaki(wdw/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit