detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Amankah Jika Bayi Menerima ASI Donor?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 17/07/2017 14:35 WIB
Amankah Jika Bayi Menerima ASI Donor?Ilustrasi ibu dan anak/Foto: thinkstock
Jakarta, Dok, saya ibu berusia 30 tahun. Dengan suatu alasan saya tidak dapat menyusui bayi saya. Karena kasihan, beberapa tetangga saya sering menyusui bayi saya. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah aman jika bayi saya menerima ASI dari beberapa ibu susuan? terimakasih sebelumnya.

I (Perempuan, 30 tahun)

Jawaban

Ibu, kami sarankan Ibu segera berkunjung ke klinik laktasi bersama bayi dan keluarga terlebih dahulu, kami perlu mengevaluasi keadaan Ibu dan bayi. Kami juga perlu memastikan apakah alasan tidak menyusui bayi termasuk alasan yang absolut (sudah pasti tidak mungkin menyusui) atau relatif (masih ada kemungkinan untuk bisa menyusui bayi).

Bila alasan tersebut absolut, maka bila memungkinkan memang lebih baik memberikan ASI donor (ASID) kepada bayi dibanding susu formula, namun ada tata cara yang harus dipelajari agar ASID dapat dikonsumsi bayi dengan aman, di antaranya tata cara perah ASI, penyimpanan, pasteurisasi, dan pemberian.

Tata cara pemberian ASID ini akan diterangkan dengan jelas di klinik laktasi. Jika bayi Ibu disusui langsung oleh beberapa ibu tetangga, kami tidak bisa menjamin apakah ibu-ibu tersebut sehat secara fisik dan mental, serta bebas dari penyakit menular. Oleh sebab itu, dalam hal ASID, pasteurisasi memegang peranan yang sangat penting, sehingga harus dipelajari dan dikuasai dengan baik.

Namun, bila ternyata alasan yang Ibu maksud adalah alasan yang relatif, maka masih ada harapan untuk dapat menyusui. Kami akan berusaha membantu Ibu agar bisa menyusui dengan nyaman demi kesehatan dan kebaikan Ibu, bayi, dan keluarga.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit