detikhealth

Tanpa Pil Diet dan Rajin Makan Buah, Anjar Sukses Turunkan Berat Badan 25 Kg

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 17/07/2017 15:08 WIB
Tanpa Pil Diet dan Rajin Makan Buah, Anjar Sukses Turunkan Berat Badan 25 KgFoto Anjar sebelum dan sesudah berdiet (Foto: Instagram @anjar_dr77)
Jakarta, Melalui akun Instagramnya, @anjar_dr77, Anjar Dian Restika (36) rajin berbagi mengenai kisah dietnya. Ibu dari dua orang anak juga kerap memposting menu-menu sehatnya setiap hari.

Dari berbagai postingan menu makanan sehari-harinya, yang paling sering dikonsumsi oleh Anjar adalah sayur dan buah-buahan segar. Ya, asupan ini selain dijadikan menu utama, juga dijadikan menu camilan.

"Awal mula saya berniat untuk menurunkan berat badan karena kok kalau bangun tidur tumitnya sering sakit. Sering migrain juga tidak sembuh-sembuh. Saya mulai terpikir untuk menurunkan berat badan. Saat itu berat saya 102 kg," ujar Anjar kepada detikHealth.

Salah satu menu diet yang pernah diposting Anjar di Instagram dengan hashtag #PejuangDietSalah satu menu diet yang pernah diposting Anjar di Instagram dengan hashtag #PejuangDiet (Foto: Instagram @anjar_dr77)


Baca juga: Ramai Hashtag #PejuangDiet, Inspirasi Sukses Diet Sehat Tanpa Obat

Tak langsung memangkas habis porsi makannya, Anjar memilih untuk pelan-pelan supaya tubuhnya tidak kaget. Dari yang awalnya terbiasa makan empat kali sehari, Anjar kemudian mengurangi menjadi tiga kali sehari, demikian sampai kini ia terbiasa untuk tidak terlalu banyak makan.

Selain mengurangi porsi makan perlahan dan mengubah camilannya dari gorengan menjadi buah, Anjar mengaku juga pernah menerapkan diet GM alias General Motors. Dalam metode diet ini, seseorang diharuskan untuk mengikuti program selama 7 hari, yang masing-masing sudah ditetapkan menunya. Ada hari di mana orang tersebut hanya boleh makan buah saja, sayur saja, campuran keduanya, sampai pada menu daging dan beras.

Setelah tujuh hari menerapkan diet GM, Anjar makin bersemangat mengubah pola makannya. Ia makan lengkap dengan nasi dan lauk pauk di siang hari, sementara untuk sarapan ia memilih oatmeal dan buah potong. Malam harinya, Anjar mengonsumsi sayur-sayuran. Ia berhenti kebiasaan meminum teh manis dan menggantinya dengan air putih.

"Tak lupa saya juga rutin olahraga, biasanya lima sampai enam kali seminggu, masing-masing satu jam. Olahraga yang saya pilih senam, bisa lihat contohnya di video-video Youtube. Sampai saat ini berat saya sudah turun jadi 77 kg," imbuhnya.

Dalam menyiapkan menu makanannya, Anjar mengaku masih menggunakan tambahan gula dan garam, hanya saja tetap dibatasi dan tidak berlebihan. Konsisten menjalani pola makan seperti ini membuat berat badan Anjar tetap stabil dan tidak mudah naik lagi.

"Banyak teman-teman #PejuangDiet yang berat badannya gampang naik, terlebih saat Lebaran kemarin. Tapi saya tidak, karena ya itu saya tetap rutin olahraga. Buah juga selalu saya sediakan di kulkas, jadi kalau lagi mau ngemil ya langsung makan buah. Pola makan ini mulai diikuti juga oleh suami dan anak-anak saya," tutur Anjar.

Baca juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet Keto Dulunya untuk Obati Epilepsi

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, Anjar berpesan supaya tetap menikmati proses dan waktu yang ada. Tidak perlu terburu-buru 'dikejar' target untuk cepat langsing, apalagi sampai mengonsumsi pil diet. Menurut Anjar, pil diet dapat memberikan efek jangka pendek maupun jangka panjang yang membahayakan tubuh.

"Diet untuk menurunkan berat badan itu tidak instan, menggemukkan badan saja butuh waktu kan, apalagi menurunkan. Konsisten makan yang benar dan olahraga, hasil tidak akan mengkhianati," pesan Anjar.

Camilan buah favorit Anjar untuk dietCamilan buah favorit Anjar untuk diet (Foto: Instagram @anjar_dr77)
(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit