detikhealth

Bahagia Itu Sederhana, Ini Rahasianya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 17/07/2017 18:54 WIB
Bahagia Itu Sederhana, Ini RahasianyaFoto: thinkstock
Jakarta, Siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia? Untuk bisa bahagia terkadang orang harus bersusah-susah payah dulu. Tapi sebenarnya tidak perlu demikian untuk memperoleh kebahagiaan itu. Sederhana sekali, jika Anda mau tahu, ini rahasianya.

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa kemurahan hati membuat seseorang lebih bahagia. Sebab berperilaku murah hati memicu perubahan di ruang otak ventral striatum yang bisa memberi rasa nyaman.

Seperti dilansir dari Times of India, riset yang dilakukan oleh Philippe Tobler dari Universitas Zurich mengatakan bahwa mereka yang peduli terhadap sesama lebih bahagia daripada mereka yang fokus mementingkan dirinya sendiri.

Baca juga: Perasaan Sedih Atau Bahagia Seperti Ini Bisa Dibilang Tidak Wajar

Temuan ini melibatkan beberapa peserta yang komitmen untuk bermurah hati. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang bermurah hati lebih bahagia ketimbang mereka yang egois.

Namun, bermurah hati tidak mempengaruhi peningkatan kepuasan. "Anda tidak perlu jadi martir yang mengorbankan diri untuk merasa lebih bahagia. Hanya sedikit murah hati, itu sudah cukup," kata Philippe Tobler.

Selain murah hati bisa membuat bahagia, melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain juga memberi perasaan menyenangkan yang seakan-akan menghadirkan 'cahaya yang hangat'.

Baca juga: Riset Ini Katakan yang Kaya Memang Lebih Bahagia

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit