detikhealth

Yoga Terbukti Cegah Penurunan Fungsi Otak pada Lansia

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Selasa, 18/07/2017 07:09 WIB
Yoga Terbukti Cegah Penurunan Fungsi Otak pada LansiaPenurunan fungsi otak wajar terjadi pada orang berusia lanjut. Namun ternyata hal ini bisa dicegah dengan melakukan yoga lho. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Penurunan fungsi otak wajar saja terjadi pada orang berusia lanjut. Namun, studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hal ini bisa dicegah dengan melakukan yoga.

Studi yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Aging Neuroscience melibatkan partisipan yang berusia di atas 60 tahun. Kemudian partisipan dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari wanita yang telah menekuni yoga sedikitnya selama delapan tahun dan wanita yang tidak pernah berlatih yoga, meditasi dan praktik tafakur lainnya.

Dalam studinya, peneliti mengamati otak partisipan dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat apakah ada perbedaan struktur pada otak. Hasilnya, praktisi yoga memiliki korteks yang lebih tebal pada bagian otaknya.

Baca juga: Yoga Bantu Lansia Jaga Keseimbangan dan Kurangi Risiko Cedera

"Kami menemukan ketebalan yang lebih tinggi pada korteks prefontal sebelah kiri di mana area tersebut berkaitan dengan fungsi kognitif seperti minat dan ingatan," ucap salah satu peneliti, Rui Afonso dari rumah sakit Hospital Israelita Albert Einstein in Sao Paulo, Brazil dikutip dari Indian Express.

"Seperti halnya otot, otak juga dapat berkembang dengan latihan," ucap peneliti lainnya, Elisa Kozasa.

Sementara itu, selain dapat mencegah penurunan fungsi otak pada orang lanjut usia, yoga juga dapat membantu menjaga keseimbangan dan mengurangi risiko cedera saat terjatuh. Hal ini disampaikan oleh Anne Tiedemann dari George Institute for Global Health, Sydney Medical School, The University of Sydney Australia.

"Ini memang bukan hal baru. Olahraga seperti yoga dan Tai Chi memang sudah terbukti bisa membantu lansia menjaga keseimbangan dan mengurangi risiko cedera karena jatuh," tutur Tiedemann dikutip dari Reuters.

Baca juga: Pada Pasien Osteoarthritis, Yoga Seperti Ini Ampuh Kurangi Nyeri Lho

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit